Sertifikasi Halal

Ribuan Pedagang Bakso Keluhkan Mahalnya Biaya Sertifikasi Halal yang Capai Rp3,2 Juta

Ribuan pedagang mengeluhkan mahalnya biaya sertifikasi halal yang capai Rp3,2 juta padahal Presiden RI Joko Widodo amanatkan agar gratis

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Lilis Setyaningsih
Tribun Tangerang/Rangga Baskoro
Pedagang Bakso keluhkan mahalnya urus sertifikasi halal. 

TRIBUNTANGERANG.COM, CIKARANG -- Ketua Paguyuban Pedagang Mi Ayam dan Bakso (Papmiso) Kabupaten Bekasi, Bambang Hariyanto menerima aduan dari ribuan pedagang yang mengeluhkan mahalnya biaya sertifikasi halal.

Ia menjelaskan proses pengajuan hingga sertifikasi rampung membutuhkan biaya hingga Rp3,2 juta rupiah. 

"Karena kita kalau dagang keliling, omzet paling banyak hanya Rp300 ribu per hari. Untuk ngurus sertifikasi halal hingga Rp3,2 juta, pertanyaannya apakah kami mampu?" ucap Bambang saat ditemui di Cikarang, Rabu (21/9/2022).

Hal tersebut, sambungnya, berbanding terbalik dengan amanat Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menginginkan agar sertifikasi halal bagi pedagang bakso bisa dilakukan secara gratis.

"Ini kontra produktif dengan keinginan Pak Presiden yang menginginkan agar tukang bakso ini diberi secara gratis karena ini UMKM. Sedangakan anggota kami ada 2.500 orang," katanya.

Proses pengajuan sertifikasi halal bagi pedagang bakso tergolong sebagai pengajuan reguler yang biayanya harus ditanggung sendiri oleh para pedagang.

Hal itu dikarenakan bahan baku utama pembuatan bakso berasal dari olahan daging yang masuk daftar bahan baku berisiko tinggi atau high risk, sehingga harus ditelusuri terlebih dahulu sertifikasi kehalalannya, baik di rumah pemotongan hewan (RPH) maupun penyembelihnya.

"Hari ini yang belum sinkron adalah kemauan kami sebagai pedagang bakso dan penyelenggara dalam hal ini BPJPH (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal)," tutur Bambang.

"Ada perbedaan bagaimana tukang bakso masuk dalam kategori high risk, jadi berisiko tinggi produknya, sehingga tidak bisa mendapatkan sertifikasi halal secara gratis, kecuali kalau difasilitasi pemda," imbuhnya.

Baca juga: Pedagang Bakso di Pondok Aren Terancam Gulung Tikar Gara-gara Daging Sapi Langka dan Mahal

Sementara itu, Ahmad Sukandar, Kepala Koodinator Sertifikasi Halal Kemenag RI menjelaskan pada dasarnya, biaya kepengurusan sertifikasi halal hanya sebesar Rp660 ribu saja.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved