Suap di MA

Harga Putusan Kasasi di MA Rp 800 Juta, KPK Punya Buktinya

KPK menetapkan Hakim Agung Sudrajad Dimyati sebagai tersangka kasus dugaan suap pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA).

Penulis: Ign Prayoga | Editor: Ign Prayoga
Tribunnews/Irwan Rismawan
Ketua KPK, Firli Bahuri memberikan penjelasan tentang operasi tangkap tangan (OTT) pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA), di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Jumat (23/9/2022) dini hari. KPK telah menetapkan 10 tersangka pada kasus ini salah satunya adalah Hakim Agung Mahkamah Agung, Sudrajad Dimyati. 

TRIBUNTANGERANG.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Hakim Agung Sudrajad Dimyati sebagai tersangka kasus dugaan suap pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA).

KPK menyatakan Sudrajad Dimyati menerima Rp 800 juta untuk mengatur putusan.

Penerimaan suap melalui Hakim Yustisial/Panitera Pengganti MA, Elly Tri Pangestu.

"SD (Sudrajad Dimyati) menerima sekitar Rp 800 juta yang penerimaannya melalui ETP (Elly Tri Pangestu)," ujar Ketua KPK Firli Bahuri dalam jumpa pers di Gedung Merah Putih, Jakarta Selatan, Jumat (23/9/2022) pagi.

Kasus yang diungkap KPK ini membuktikan suatu praktik jual beli dan harga putusan kasasi di MA.

Firli mengatakan kasus ini terkait dengan dugaan suap pengurusan perkara di MA untuk mengatur putusan kasasi sesuai keinginan pihak penyuap.

Berawal ketika adanya laporan pidana dan gugatan perdata terkait dengan aktivitas dari koperasi simpan pinjam Intidana di Pengadilan Negeri Semarang.

Gugatan diajukan Heryanto Tanaka dan Ivan Dwi Kusuma Sujanto selaku debitur dengan diwakili melalui kuasa hukumnya yakni Yosep Parera dan Eko Suparno.

Gugatan itu berlanjut kepada tingkat kasasi di MA.

Yosep dan Eko kemudian melakukan pertemuan dan komunikasi dengan beberapa pegawai di Kepaniteraan Mahkamah Agung yang dinilai mampu menjadi penghubung hingga fasilitator dengan majelis hakim.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved