Pekerja Migran Indonesia

Lepas Keberangkatan PMI ke Korsel, Presiden Jokowi Minta Tuntaskan 4,5 Juta Pekerja Migran Ilegal 

Presiden Jokowi meminta persoalan pekerja migran ilegal segera dituntaskan.

Tribun Tangerang/M. Rifqi Ibnumasy
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan sambutan di acara pelepasan keberangkatan 593  pekerja migran Indonesia (PMI) dalam program G-TO-G Korea Selatan, di El Hotel Royale Jakarta, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (17/10/2022). 

TRIBUNTANGERANG.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri pelepasan ratusan pekerja migran Indonesia (PMI) dalam program G-TO-G Korea Selatan, Senin (17/10/2022).

Acara tersebut diadakan oleh Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia atau BP2MI di El Hotel Royale Jakarta, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Dalam sambutannya, Jokowi mengungkapkan perasaan senang karena ratusan PMI tersebut  merupakan pekerja yang memiliki kompetensi dan keterampilan.

 

 

"Hari ini saya senang dan bangga karena yang akan berangkat ke Korea Selatan adalah SDM dengan kompetensi, SDM dengan keterampilan, SDM yang memiliki pendidikan dan akan bekerja di Korea," kata Jokowi.

"Saya lihat tadi semangatnya betul betul optimis. Saya senang karena saudara ini disiapkan. Ada pembekalan, tujuannya jelas," sambungnya.

Meski demikian, Jokowi meminta persoalan pekerja migran ilegal segera dituntaskan.

Pasalnya, dari 9 juta total MPI yang tersebar di sejumlah negara, hanya 4,5 juta yang diberangkatkan secara legal atau resmi melalui BP2MI.

"Tadi disampaikan pak Benny. Total tenaga kerja kita yang ada di luar itu ada 9 juta. Kemudian yang legal ada 4,5 juta. Artinya yang ilegal masih 4,5 juta," kata Jokowi.

 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) di acara pelepasan keberangkatan 593 pekerja migran Indonesia (PMI) dalam program G-TO-G Korea Selatan, di El Hotel Royale Jakarta, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (17/10/2022).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) di acara pelepasan keberangkatan 593 pekerja migran Indonesia (PMI) dalam program G-TO-G Korea Selatan, di El Hotel Royale Jakarta, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (17/10/2022). (Tribun Tangerang/M. Rifqi Ibnumasy)

 

Di tempat yang sama, Kepala BP2MI Benny Rhamdani menyebut total PMI yang diberikan ke Korea Selatan pada kloter ini mencapai 593 orang.

Benny merinci, 535 PMI akan bekerja dalam bidang manufaktur dan sisanya 62 orang akan bekerja dalam bidang perikanan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved