Perkenalkan Sosok Johanis Tanak, Wakil Ketua KPK Gantikan Lili Pintauli Siregar, Begini Hartanya

Perkenalkan Sosok Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johanis Tanak gantikan Lili Pintauli Siregar, berikut harta kekayaannya

Editor: Jefri Susetio
istimewa
PELANTIKAN --Presiden Joko Widodo melantik Johanis Tanak sebagai Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (28/10/2022). 

TRIBUNTANGERANG.COM - Presiden Joko Widodo melantik Johanis Tanak sebagai Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (28/10/2022).

Johanis Tanak menggantikan posisi Lili Pintauli Siregar yang mengundurkan diri.

Ketua KPK Firli Bahuri menyampaikan, merasa bahagia dengan dilantiknya Johanis sebagai Wakil Ketua KPK.

Baca juga: Pengamat Hukum Minta KPK Menghentikan Proses Hukum Formula E

Baca juga: Anies Baswedan Yakin KPK Bekerja Profesional, Tak Paksakan Tersangka di Kasus Formula E

Baca juga: Sempat Terhenti Dua Tahun, Roadshow Bus KPK Sambangi Kota Tangerang Selatan 7-9 Oktober 2022

“Kita masuk 20 besar ya, sama-sama uji kelayakan dan kepatutan, tapi waktu itu beliau belum beruntung. Alhamdulillah hari ini bisa bergabung dengan kami,” kata Firli di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat, (28/10/2022).

Dengan dilantiknya Johanis kata Firli melengkapi komposisi pimpinan KPK. Johanis yang merupakan mantan Jaksa dinilai akan lebih memahami konstruksi sebuah perkara.

“Sinergi kolaborasinya akan semakin meningkat. Kenapa? Kalau seandainya rekan-rekan lihat, ada saya berlatar belakang polri, 37 tahun saya sebagai penyidik Polri. Kedua Ada Pak Johanis Tanak dari Jaksa, jadi tentu beliau akan banyak memahami bagaimana konstruksi suatu perkara, bagaimana konstruksi perkara ini bisa dibawa, dan bisa dihadirkan di peradilan,” ujarnya.

Selain Jaksa dan Polisi, kata Firli ada juga Alexander Marwata yang berlatarbelakang auditor sekaligus hakim Tipikor adhoc.

“Keempat kita punya Nurul Gufron, latar belakang beliau adalah disiplin ilmu hukum pidana. Pernah jadi Dekan FH Universitas Jember. Terakhir adalah satu pimpinan namanya Pak Nawawi,” katanya.

Dengan komposisi pimpinan KPK yang saling menguatkan tersebut, lanjut Firli, pihaknya dapat menghadirkan keyakinan pada hakim untuk memutus suatu perkara.

“Lus Curia Novit, itu prinsip dasar hukum. Saya kira itu. Doakan Kami supaya kami bisa bekerja untuk membersihkan negeri ini dari praktik-praktik korupsi,” ujarnya.

Baca juga: Mantan Anggota KPK Jadi Kuasa Hukum Ferdy Sambo

Baca juga: Harga Putusan Kasasi di MA Rp 800 Juta, KPK Punya Buktinya

Baca juga: KPK Bongkar Kasus Korupsi di Era SBY, Dana Rp116,8 Miliar untuk Pedagang Kecil Melayang

Harta Kekayaan Johanis Tanak

Mengutip laman Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dari situs elhkpn.kpk.go.id, Johanis Tanak tercatat memiliki harta sebesar Rp8.911.168.628.

Ia melaporkan hartanya ke KPK pada 14 April 2022.

Johanis Tanak melaporkannya saat menjabat sebagai jaksa fungsional Kejaksaan Agung (Kejagung).

Harta Johanis Tanak itu didominasi oleh tanah dan bagunan serta kas dan setara kas lainnya.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved