Prakiraan Cuaca

Cuaca Hari Ini Selasa 1 November 2022, BMKG Prediksi Puluhan Wilayah Hujan Lebat-Angin Kencang

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca eskrem, Selasa (1/11/2022).

Editor: Jefri Susetio
Tribunnews.com
Ilustrasi-- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca eskrem, Selasa (1/11/2022). 

TRIBUNTANGERANG.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca eskrem, Selasa (1/11/2022).

Akan tetapi, cuaca di Tangerang Raya diprediksi aman. Artinya, tidak ekstrem.

Melansir lama resmi BMKG, siklon tropis NALGAE terpantau di laut cina selatan dengan kecemapatan angin maksimum mencapai 60 kt.

Baca juga: INILAH Prakiraan Cuaca di Jabodetabek Pada Selasa 18 Oktober 2022, Waspada Hujan Petir

Dan, tekanan udara mininum 975 hPa yang bergerak ke arah utara.

Sistem ini membentuk low level jet hingga lebih dari 25 kt yang terpantau memanjang dari Perairan utara Kalimantan, Laut Natuna-Laut Sulu hingga Filipina.

Sistem ini diprakirakan akan melemah intensitasnya dalam 48 jam ke depan.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin.

Dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah siklon tropis dan di sepanjang daerah low level jet tersebut.

Bibit Siklon Tropis 94W terpantau di Samudra Pasifik utara Papua Barat dengan kecepatan angin maksimum mencapai 35 kt dan tekanan udara minimum 1002 hPa yang bergerak ke arah Barat Laut.

Daerah konvergensi terpantau memanjang dari Sumatera Utara, Kep. Natuna, Laut Cina Selatan, Laut Natuna hingga Perairan Selatan FIlipina, dari Laut Banda bagian Barat hingga Sulawesi Tenggara, Dari Papua hingga Papua Barat dan Samudra Pasifik Tenggara Filipina.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah bibit siklon tropis dan di sepanjang daerah low level jet/konvergensi tersebut.

Baca juga: BMKG : Bogor dalam Posisi Puncak Cuaca Ekstrem, Masyarakat Harus Waspada Angin Kencang

Labilitas Lokal Kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal terdapat di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kep.

Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Berikut beberapa wilayah yang diperkirakan berpotensi hujan dan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang pada Selasa, 1 November 2022 hingga Rabu, 2 November 2022:

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved