Kasus Brigadir J

Ricky Rizal Akui Transfer Uang dari Rekening Brigadir J Rp 200 Juta Atas Perintah Putri Candrawathi

Terdakwa Ricky Rizal mengaku ada pemindahan uang sebesar Rp 200 juta dari rekening Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat ke rekeningnya.

Penulis: Nurmahadi | Editor: Intan Ungaling Dian
Tribun Tangerang/Nurmahadi
Customer Service Bank BNI, Anita dalam sidang keterangan saksi atas terdakwa Ricky Rizal di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (21/11/2022) 

TRIBUNTANGERANG.COM, JAKARTA - Terdakwa Ricky Rizal mengaku ada pemindahan uang sebesar Rp 200 juta dari rekening Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat ke rekeningnya.

Hal tersebut disampaikan Ricky Rizal saat merespon keterangan saksi costumer service BNI, Anita Amalia Dwi Agustina, Senin (21/11/2022).

Ricky Rizal tak mengelak soal fakta yang menyebutkan ada tranfer uang dari rekening Brigadir J ke rekening miliknya. 

Menurut Ricky Rizal, transfer uang itu dilakukan atas perintah Putri Candrawathi untuk membeli keperluan rumah tangga di Jakarta.

"Benar untuk pemindahan rekening atas nama Yosua. Yang setahu saya memang rekening atas nama Yosua itu juga untuk keperluan rumah tangga di Jakarta yang saya lalukan atas perintah Bu Putri Sambo, karena yang bersangkutan telah almarhum," ucapnya.

Selain itu, uang sebesar Rp 200 juta itu ditranfer Ricky dari rekening Brigadir J melalui aplikasi di ponsel genggam miliknya.

"Kemudian untuk pemindahan itu melalui hape yang saya pegang, dan satunya dipegang di Jakarta, tetapi saya tidak tahu menahu apakah dipegang almarhum Yosua terus menerus atau bergantian," katanya.

Fakta mengenai pemindahan uang itu disampaikan Anita saat memberikan keterangan saksi atas terdakwa Ricky Rizal, Kuat Ma'ruf dan Bharada E.

Dalam keterangannya, Anita mengakui ada pemindahan uang dari Brigadir J ke rekening Ricky Rizal seusai kematian Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat.

Nominal pemidahan uang tersebut, kata Anita, ditransfer sebanyak dua kali, pada 11 Juli 2022, dengan total nominal sebesar Rp 200 juta.

Baca juga: Usai Penembakan, ada Perpindahan Uang dari Rekening Brigadir J ke Ricky Rizal, Sebesar Rp200 Juta

Baca juga: Berikut Isi Pembelaan Bripka Ricky Rizal, Beberkan Tolak Permintaan Ferdy Sambo Tembak Brigadir J

Berdasarkan keterangannya, uang itu digunakan Ricky Rizal untuk berbagai transaksi mulai dari PDAM hingga provider.

"Uang keluar digunakan untuk apa," kata majelis hakim seraya bertanya.

"Uang keluar hanya digunakan untuk pembayaran PDAM, Telkomsel, PLN, Indosat, Shopee, agak banyak yang mulia, nominalnya tidak terlalu besar hanya pembayarannya banyak," kata Anita.

Data itu dikemukakan Anita ketika diminta untuk membuka data nasabah atas nama Ricky Rizal melalui rekening koran.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved