Polisi Tembak Polisi

Ronny Talapessy Beranggapan, Kesaksian Ricky Rizal : 30 Persen Benar, 70 Persen Diragukan

Kuasa hukum Bharada E, Ronny Talapessy menilai kesaksian Ricky Rizal banyak yang tidak sesuai.

Penulis: Nurmahadi | Editor: Lilis Setyaningsih
wartakotalive.com, Nurmahadi, istimewa
Kuasa hukum Bharada E, Ronny Talapessy meragukan apa yang diucapkan Ricky Rizal di persidangan 

TRIBUNTANGERANG.COM, JAKARTA -- Kuasa hukum Bharada E, Ronny Talapessy menilai kesaksian Ricky Rizal banyak yang tidak sesuai.

Jika dimasukkan dalam persentase kata Ronny, 30 persen kesaksian Ricky Rizal benar, 70 persen sisanya diragukan

"Kami menilai, keterangan dari Ricky Rizal ini 30 persen yang bener, 70 persennya diragukan," kata Ronny kepada awak media, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (5/12/2022).


Menurut Ronny, kesaksian Ricky Rizal tidak sesuai fakta persidangan. Misalnya seperti arahan menggunakan HT (handy talky)

Dikatakan Ronny, sistem HT itu satu jaringan sehingga ketika ada panggilan untuk Ricky Rizal maka yang lain pun akan ikut mendengar.

"Kan Ricky Rizal mengatakan dipanggil Ferdy Sambo melalui HT, tadi sudah ditanyakan kepada seluruh ajudan bahwa tidak ada perintah dari HT untuk Ricky Rizal naik ke lantai tiga," katanya.

Kemudian, hal yang paling tak masuk akal kata Ronny adalah soal peristiwa tembak menembak yang tidak diketahui oleh Ricky Rizal.

Pasalnya, usai peristiwa tersebut, para ajudan Ferdy Sambo langsung dibawa ke Provos pada pukul 20.00 WIB.

Kemudian disusul oleh Ferdy Sambo yang sampai di Provos pada pukul 22.00 WIB.

"Yang kedua, kok tiba-tiba Ricky Rizal ini tidak tau ada peristiwa tembak menembak, karena yang paling terakhir itu adalah saudara Richard Eliezer itu kan pertanyaan simpel. Tadi dijawab bahwa ia mengetahui peristiwa itu ketika di Provos.

Baca juga: Bharada E Berdoa di dalam Toilet Sebelum Tembak Brigadir J, agar Ferdy Sambo Berubah Pikiran


Hal ini tidak masuk akal kata Ronny karena ada jeda waktu selama dua jam sebelum Ferdy Sambo tiba, artinya tidak mungkin Ricky Rizal tak mengetahui soal peristiwa tersebut.

"Nah kembali lagi kita sebelumnya sudah menanyakan kepada Sesprinya Ferdy Sambo kapan para terdakwa ini diantar, jam 20.00 WIB malam. Pertanyaan kedua kita tanyakan kepada Sesprinya Ferdy Sambo dia sampai jam berapa, jam 22.00 WIB malam. Ko tiba-tiba dia bilang baru mengetahui peristiwa tembak menembak di pemeriksaan Propam ini ga nyambung," katanya Ronny. 
 
 Tanpa Perintah Ferdy Sambo

Terdakwa Ricky Rizal ceritakan detik-detik penembakan Brigadir J yang terjadi di Rumah Duren Tiga.

Berbeda dengan kesaksian Bharada E sebelumnya, dalam persidangan kali ini, Senin (5/12/2022), Ricky mengaku Bharada E menembak tanpa perintah Ferdy Sambo.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved