Breaking News:

Literasi

Kolaborasi dan Sinergitas Antar Lembaga Diyakini Dapat Tingkatkan Budaya Literasi Indonesia

Dibutuhkan kolaborasi dan sinergitas untuk meningkatkan budaya literasi hingga ke pelosok daerah, terutama dalam hal anggaran.

Istimewa
Anggota Komisi X DPR RI, Zainuddin Maliki dalam kegiatan Peer Learning Meeting Nasional Tahun 2022 yang diselenggarakan Perpusnas di Surabaya, Jawa Timur, pada Senin (5/12/2022). 

TRIBUNTANGERANG.COM - Anggota Komisi X DPR RI, Muhammad Nur Purnamasidi, menyatakan dibutuhkan kolaborasi dan sinergitas untuk meningkatkan budaya literasi hingga ke pelosok daerah, terutama dalam hal anggaran.

Pasalnya, literasi belum dipahami sebagai isu strategis di Indonesia.

 

 

“Saya pernah bilang, kalau literasi dilakukan kita bisa melakukan efisiensi, tapi itu belum menjadi satu hal yang dipikirkan oleh pengambil keputusan,” katanya dalam siaran pers kegiatan Peer Learning Meeting Nasional Tahun 2022 yang diselenggarakan Perpusnas di Surabaya, Jawa Timur, pada Senin (5/12/2022).

Untuk itu, Nur Purnamasidi mendorong Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) agar berkolaborasi dengan Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk meningkatkan literasi.

 

Baca juga: Literasi Digital untuk ASN, agar Informasi dan Data tak Timbulkan Kesalahpahaman di Masyarakat

 

Baca juga: Taman Literasi Martha Christina Tiahahu Blok M Jakarta Selatan Jadi Spot Baru untuk Bercengkerama

 

Pasalnya, kedua lembaga tersebut memiliki visi yakni menyejahterakan masyarakat melalui peningkatan literasi.

"Secara anggaran, kedua lembaga tersebut dinilai kuat di mana BI memiliki anggaran lebih dari Rp 2 triliun per tahun untuk program sosial BI, sementara OJK memiliki CSR perbankan," kata legislator yang juga menjabat anggota Badan Anggaran DPR RI tersebut.

Menurutnya, hal ini sejalan dengan program Perpusnas, Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS).

Program TPBIS dijalankan oleh Perpusnas dengan dukungan dari Bappenas RI sejak tahun 2018.

TPBIS menggunakan pendekatan pelayanan perpustakaan yang berkomitmen meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat pengguna perpustakaan di seluruh provinsi di Indonesia.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved