Cuaca Ekstrem

Cuaca Ekstrem Rabu 28 Desember 2022, BPBD Kota Tangerang Petakan 6 Titik Rawan Banjir

Wilayah Banten, khususnya Kota Tangerang, diperkirakan akan dilanda badai besar bernama Squall Line pada Rabu (27/12/2022).

Penulis: Gilbert Sem Sandro | Editor: Jefri Susetio
WARTAKOTALIVE.COM-TRIBUNTANGERANG.COM/Gilbert Sem Sandro
Kepala Pelaksana BPBD Kota Tangerang, Mariono Hasan menjelaskan titik rawan banjir di Kota Tangerang karena badai akan menerpa Jabodetabek pada Rabu (28/12/2022). 

TRIBUNTANGERANG.COM- Wilayah Banten, khususnya Kota Tangerang, diperkirakan akan dilanda badai besar bernama Squall Line pada Rabu (27/12/2022).

Potensi terjadinya Badai Squall Line itu diungkapkan oleh peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Dr Erma Yulihastin pada akun Sosial Media miliknya.

Menanggapi hal tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang turut mengantisipasi terjadinya banjir.

Satu di antaranya memetakan titik-titik yang berpotensi terjadi banjir di Kota Tangerang.

Baca juga: Tiket Timnas Indonesia vs Thailand Sudah Terjual 30 Ribu, Tersisa Kategori Timur Utama dan VIP Barat

Kepala Pelaksana BPBD Kota Tangerang, Mariono Hasan mengatakan, terdapat 6 wilayah di Kota Tangerang yang berpotensi terendam banjir.

"Menindaklanjuti prediksi adanya cuaca eksrem esok hari, 6 titik di Kota Tangerang akan diprioritaskan menjadi lokasi rawan banjir, yaitu di Kecamatan Periuk, Jatiuwung Cibodas," ujar Mariono Hasan saat diwawamcarai Wartakotalive.com, Selasa (27/12/2022).

"Sedangkan 3 titik lainnya di wilayah Timur Kota Tangerang, yakni di Kecamatan Cipondoh, Pinang dan Ciledug," katanya.

Lebih lanjut Mariono bilang, pihaknya juga telah melakukan persiapan mengantisipasi banjir secara teknis.

Mulai dari menyempurnakan pembangunam tanggul pada sungai-sungai yang kerap meluap saat hujan lebat turun.

Lalu, menyiapkan sarana prasrana pendukung hingga menetapkan lokasi posko pengungsian apabila banjir melanda.

Dalam mendukung hal tersebut, lanjut dia, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan OPD terkait. Sepertidinas perhubungan, Satpol PP, serta dinas kesehatan untuk melakukan evakuasi dan membantu masyarakat yang terdampak banjir.

"Kami juga sudah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti Dinas PUPR, Dishub, Satpol PP dan Dinkes untuk siap siaga dalam menghadapi situasi yang diprediksi akan terjadinya banjir," ujarnya.

"Untuk perangkat dan peralatan yang dibutuhkan dalam menghadapi situasi banjir ini pun kita sudah siapkan, seperti pemuatan tanggul, sampai menyiapkan kaitan dengan evakuasi pengungsi manakala ada situasi banjir," katanya.

Baca juga: Badai Dahsyat akan Menerpa Tangerang Rabu 28 Desember 2022, Berikut Penjelasan BMKG

Mariono mengimbau, agar setiap lingkungan tempat tinggal masyarakat, dapat membentuk tim untuk mengantisipasi apabila terjadinya banjir.

"Kepada masyarakat dihimbau agar siap siaga di lingkungannya masing-masing manakala terhadi banjir bisa saling memberitahu antar warga," ucapnya.

"Selain itu mohon untuk masyarakat mengamankan surat-surat berharga, sehingga titik evakuasi yang sudah ditentukan, bisa terjangkau oleh tim BPBD," jelas Mariono Hasan.

(m28)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved