Inilah Alasan Presiden Jokowi Pilih Laksamana Muhammad Ali Sebagai KSAL

Presiden Jokowi melantik Laksamana Madya TNI Muhammad Ali sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) di Istana Negara, Rabu (28/12/2022).

Editor: Ign Prayoga
YouTube Sekretariat Presiden
Muhammad Ali saat pelantikan sebagai KSAL baru di Istana Negara, Rabu (28/12/2022). [YouTube Sekretariat Presiden 

TRIBUNTANGERANG.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Laksamana Madya TNI Muhammad Ali sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL).

Pelantikan dilakukan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (28/12/2022) siang.

Seiring pelantikan tersebut, Muhammad Ali menyandang pangkat bintang empat atau Laksamana.

Presiden Jokowi menjelaskan alasan memilih Muhammad Ali sebagai KSAL penerus Laksamana Yudo Margono yang kini menjabat sebagai Panglima TNI.

Menurut Presiden Jokowi, Muhammad Ali memiliki rekam jejak yang bagus mulai dari Gubernur Akademi Angkatan Laut, Panglima Komando Armada, dan Pangkogabwilhan 1.

"Pengalaman rekam jejak menjadi selalu saya lihat dan beliau memiliki leadership yang baik," kata Jokowi.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa dua per tiga wilayah Indonesia adalah perairan.

Oleh karenanya ia berpesan kepada KSAL untuk fokus menjaga kedaulatan negara terutama di wilayah perbatasan. Termasuk perbatasan dengan Laut China Selatan.

"Itu yang menjadi tanggung jawab bagi KSAL yang baru Pak Muhammad Ali," katanya.

Selain itu Presiden Jokowi juga berpesan soal modernisasi Alutsista di TNI AL yang harus terus diperkuat.

Sumpah

Upacara pelantikan KSAL dimulai dengan dikumandangkannya lagu Indonesia Raya. Lalu dilanjutkan dengan pembacaan Keputusan Presiden (Keppres).

Muhammad Ali dilantik berdasarkan surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 100/TNI/Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Laut.

Dalam pelantikan tersebut, Presiden Jokowi mengambil sumpah jabatan Muhammad Ali sebagai KSAL.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit," ucap Presiden Jokowi mendiktekan sumpah jabatan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pengangkatan sumpah jabatan Muhammad Ali menggantikan Laksamana Yudo Margono yang telah dilantik menjadi Panglima TNI.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved