Natal dan Tahun Baru

Terapkan Restoratif Justice Penyelesaian Perkara di Polres Metro Tangerang Kota Naik 132 Persen

Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho membeberkan kinerjanya selama 2022. Seperti penyelesaian perkara yang naik 132 persen

Tribun Tangerang/Gilbert Sem Sandro
Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho membeberkan kinerjanya selama 2022. Satu di antaranya jumlah kriminal di wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota selama 2022. 

TRIBUNTANGERANG.COM - Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho membeberkan kinerjanya selama 2022.

Satu di antaranya jumlah kriminal di wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota selama 2022.

"Jumlah tindak kriminalitas sepanjang 2022 mengalami kenaikan 11 persen dari tahun sebelumnya," ujar Zain dalam keterangan tertulis, Sabtu (31/12/2022).

Baca juga: Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono Sapa Masyarakat di Sarinah, Beberkan Harapan 2023.

Lebih lanjut, ia merinci kasus yang mengalami peningkatan antara lain pada pencurian kendaraan bermotor (curanmor) dan tindak pidana penganiayaan.

Namun, pada pencurian dengan kekerasan dan pencurian dengan pemberatan mengalami penurunan.

Menurutnya, faktor yang penyebabkan kenaikan kriminalitas di wilayah hukum Polres Metro tangerang karena pelonggaran PPKM.

Lalu, penggunaan teknologi informasi sebagai sarana permudah kejahatan dan kesulitan ekonomi.

Dan, tingginya angka pengangguran serta rendahnya kesadaran masyarakat.

"Namun, kenaikan itu ditutup dengan angka penyelesaian perkara yang meningkat sebesar 132 persen dibanding tahun 2021," katanya.

Dia menambahkan, meningkatnya penyelesaian kasus karena penerapan restoratif justice dan peningkatan pengawasan proses lidik, sidik oleh pengawas internal serta peningkatan kompetensi penyidik.

Adapun peristiwa menonjol yang berhasil diungkap sepanjang 2022 yakni pembunuhan sopir angkot di Babakan Cikokol pada 7 Oktober 2022.

Kemudian, penemuan mayat dalam box di Kali Bayur sudah dapat teridentifikasi identitasnya melalui test DNA saat ini masih dalam proses penyelidikan pelaku.

Selain itu, kasus pembunuhan wanita bertato kupu-kupu yang dibuang di Sungai Cisadane berhasil diungkap dengan pelaku tunggal warga negara asing (WNA) asal Sri Lanka.

"Di tahun 2022 juga Polrestro Tangerang Kota berhasil mengungkap dan menangkap pelaku penyimpangan minyak goreng curah di wilayah Kunciran Jaya, Kecamatan Pinang," ujarnya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved