Piala Dunia U20

Wishnutama Dipercaya Tangani Pembukaan Piala Dunia U-20 2023

Wishnutama dipercaya tangani Pembukaan Piala Dunia U-20 2023, namun Menpora minta jangan dibandingkan dengan Piala Dunia level senior

Kemenpora
Logo Piala Dunia U20 2023 resmi diluncurkan FIFA 

TRIBUNTANGERANG.COM, JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyebut bahwa pembukaan Piala Dunia U-20 2023 bakal ditangani oleh Wishnutama.

Menpora yang juga Ketua Indonesia FIFA U-20 World Cup Organizing Committe (INAFOC), memastikan pembukaan Piala Dunia kelompok usia itu akan berlangsung meriah.

Piala Dunia U-20 2023 bakal berlangsung di Indonesia pada 20 Mei hingga 11 Juni mendatang.

Indonesia diperkenankan untuk membuat seremoni acara pembukaan Piala Dunia U-20 2023. Sebelumnya, pembukaan Piala Dunia U-20 hanya terbatas pada laga pembuka saja.

Dengan demikian, Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) telah mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) dan Instruksi Presiden (Inpres) terkait ajang Piala Dunia U-20 2023.

Amali menekankan, saat ini PSSI yang akan bertanggung jawab penuh sebagai LOC, sedangkan INAFOC atau pemerintah kini hanya menjadi pendukung.

“Keppres yang baru ini LOC pekerjaannya ditambahkan ke PSSI sehingga INAFOC itu posisinya mendukung, rencananya membuat kemeriahan dan lain-lain,” ujar Zainudin Amali PSSI, Kamis (19/1/2023).

“Saya belum tahu nanti mungkin ada trophy handover dari pemain bulan Februari mungkin, saya tak tahu kapan. Sudah lamah itu, dari tahun lalu Keppres batu itu,” sambungnya.

Baca juga: Indonesia lolos Piala Asia dan Piala Dunia U20, Pemain Keturunan Berebut Ingin Masuk Timnas

Wisnhutama yanga dipercaya menjadi aktor dibalik kesuksesan beberapa acara besar nasional pun akan menjadi asitek di ajang Piala Dunia U-20 2023.

Pria berusia 52 tahun itu sempat menangani pesta olahraga Asia - Asian Games 2018 dan terbaru, bertanggung jawab mengurus G20.

“Meriahnya itu pembukannya, tadinya kan tak ada. Tapi oleh Presiden FIFA (Gianni Infantino) sudah diizinkan oke, itu yang akan nangani Pak Wishnutama yang expert di bidang itu. Sudah teruji,” kata Amali.

“Jadi nanti kami menunggu rapat kabinet terbatas, karena tadinya itu tidak masuk ya sekarang kami masukkan," lanjutnya.

Amali juga membeberkan tidak hanya pembukaan saja yang akan diselipkan kegiatan seremonial. Tetapi untuk acara penutupan Piala Dunia U-20 juga bakal ada perayaan.

Baca juga: PSSI Tunggu Surat Balasan dari FIFA Soal Kejelasan Penggunaan Venue Piala Dunia U20

Kendati demikian, Menpora meminta publik untuk tidak membandingkan hal itu layaknya Piala Dunia level senior.

“Tapi jangan kalian bayangkan kemeriahan pembukaan itu sama dengan senior ya, rencana ini saja sudah menjadi kemajuan. Tadinya kita hanya boleh pertandingan pertama itu sebagai pembukaan,” ungkap Amali. (Alfarizy.M39)

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved