Vaksinasi Covid19

Satgas Covid19 akan Turun Langsung ke RT RW di Kabupaten Tangerang untuk Jangkau Vaksinasi

Rendahnya pencapaian target vaksinasi Covid19, membuat Satgas Penanganan Covid turun langsung ke rt/rw

Tribun Tangerang/Rizki Amana
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang dr Hendra Tarmizi seusai menggelar rapat koordinasi percepatan penyaluran Vaksinasi Covid-19 di Pendopo Bupati Tangerang, Selasa(19/10/2021). 

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGERANG - Kabupaten Tangerang menjadi salah satu wilayah yang dikeluarkan Pemerintah Pusat dari Wilayah Aglomerasi Jabodetabek, akibat rendahnya capaian Vaksinasi Covid-19.

Menanggapi hal tersebut, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, dr. Hendra Tarmizi mengungkapkan, akan menjangkau masyarakat yang belum tervaksin, dengan turun langsung ke tingkat RT dan RW.

Menurutnya, pelaksanaan tersebut merupakan strategi Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, yang menargetkan capaian vaksinasi mencapai 70 persen, pada awal November depan.

"Memang masih banyak penduduk kita yang masih belum divaksin, untuk menjangkau itu semua, yaitu menjangkau dengan cara turun langsung ke RT/RW dan mencari mereka yang belum tervaksin," ujar dr. Hendra Tarmizi saat memberi keterangan kepada awak media, Rabu (20/10/2021).

Baca juga: Capaian Vaksinasi Rendah, Kabupaten Tangerang Dikeluarkan dari Aglomerasi, Ini Tanggapan Bupati

Baca juga: Siswa SD Usia 12 Tahun Vaksinasi Covid-19 sebagai Syarat Gelar Pembelajaran di Sekolah Pekan Depan

"Targetnya itu dalam sehari, kita harus mencapai 1.500 dosis vaksin di setiap kecamatan, agar dapat mencapai target 70 persen target ini," jelasnya.

Lebih lanjut dr. Hendra menjelaskan, telah menyiapkan langkah-langkah untuk mencapai target tersebut.

Yakni dengan mengumpulkan Camat, Danramil, serta Kapolsek, guna membantu pendataan warga yang telah tervaksin maupun yang belum menerima vaksinasi di setiap RT dan RW.

"Kita sudah mengumpulkan para Camat, Danramil dan Kapolsek dalam rapat kemarin. Jadi mereka akan membantu koordinasi yang tepat untuk mendata warga yg benar benar belum tervaksin hingga tingkat RT dan RW," kata dr. Hendra.

dr. Hendra Tarmizi selaku Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang
dr. Hendra Tarmizi selaku Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang (Wartakotalive.com/Andika Panduwinata)

"Masyarakat yang belum vaksin, nanti akan kita masukan ke data pickhere maupun aplikasi PeduliLindungi, agar bisa segera divaksin. Dan warga yang sudah tervaksin, datanya kita ambil agar kita rubah secara nasional," paparnya.

Saat ini, presentase capaian vaksinasi dosis pertama di Kabupaten Tangerang, baru mencapai 56,4 persen.

Yang terdiri dari vaksinasi kepada lansia  yang baru mencakup baru 40 persen atau sekira 40.000 orang.

Kemudian, untuk remaja, sebanyak 35 persen telah tervaksin, atau sekitar 68.000 orang.

"Saat ini presentase vaksinasi di kabupaten tangerang, baru mencapai 56,4 persen untuk vaksin dosis satu," ucapnya.

"Presentase 56,4 persen itu terdiri dari lansia yang baru 40 persen(40.000 orang), dan remaja 35 persen(68.00 orang)," tutup dr. Hendra Tarmizi. 

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved