Banten

Airin Rachmi Diany Jadi Ketua ICSB Banten, Wagub Minta UMKM Lebih Diberdayakan

Pengurus ICSB Wilayah Banten, kata Andika, diharapkan membantu Pemerintah Daerah dalam pemberdayaan UMKM Banten

istimewa
Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy menghadiri pelantikan mantan Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany, menjadi ketua pada kepengurusan Indonesia Council for Small Business (ICSB) wilayah Banten langsung oleh Incoming Chair ICSB Global Hermawan Kartajaya di Tanjung Lesung Resort, Kamis (18/11/2021) malam 

TRIBUNTANGERANG.COM, BANTEN - Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy menghadiri pelantikan mantan Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany, menjadi ketua pada kepengurusan Indonesia Council  for Small Business (ICSB) wilayah Banten langsung oleh Incoming Chair ICSB Global Hermawan Kartajaya di Tanjung Lesung Resort, Kamis (18/11/2021) malam.

Dalam sambutannya, Andika meminta ICSB membantu pemberdayaan UMKM di Banten. 

Pengurus ICSB Wilayah Banten, kata Andika, diharapkan membantu Pemerintah Daerah dalam pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah - UMKM Banten dalam peningkatan akses menembus pasar regional maupun internasional.

Hal itu, mengingat keanggotaan ICSB sudah menyebar ke-85 negara. 

"Saya berharap ICSB Provinsi Banten menjadi mitra strategis Pemerintah Provinsi Banten dalam mencetak pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang berorientasi ekspor," kata Andika. 

Baca juga: Cynthia Riza Pilih Jadi Influencer Promosikan Produk UMKM

Baca juga: Wahidin Halim Apresiasi Predikat Terbaik Kepuasan Pelayanan Publik Polda Banten

Andika melanjutkan, andil Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) bagi perekonomian memang tidak diragukan lagi.

UMKM memiliki tingkat penyerapan tenaga kerja yang tinggi dan memiliki kontribusi besar terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dan penyerapan tenaga kerja. 

Memasuki era ekonomi digital saat ini, kata Andika, mengembangkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi merupakan suatu keniscayaan.

"Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam konsepsi ekonomi digital harus menjadi perhatian kita bersama," ucapnya.

Airin sendiri dalam sambutannya mengatakan, pelantikan dirinya memimpin ICSB Banten adalah sebuah amanah berat yang harus dipertanggungjawabkan.

"Mohon doanya agar kami bisa mengemban amanah ini  yakni memberdayakan UMKM di Banten," kata Airin.

Lebih jauh Airin mengatakan, amanah memberdayakan UMKM saat ini terasa sangat berat mengingat kondisi UMKM yang tengah tertimpa pandemi Covid-19.

Meski begitu, Airin optimistis dengan dikerjakan secara bersama-sama oleh semua pihak yang dengan sukarela mau bahu membahu mengangkat derajat UMKM di Banten khususnya, cita-cita tersebut dapat mewujud. 

Untuk diketahui, ICSB Indonesia adalah organisasi non-profit yang fokus pada pemberdayaan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) serta penyebaran semangat kewirausahaan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved