Bandara

Hujan Lebat Membuat Debit Saluran Utama Meninggi, Jadi Penyebab Banjirnya Terminal 3 Bandara Soetta

Saat ini AP II saat ini langsung melakukan pemeriksaan keandalan saluran air pada lingkungan sekitar Bandara Soekarno-Hatta.

Penulis: Gilbert Sem Sandro | Editor: Mohamad Yusuf
Tribun Tangerang/Gilbert Sem Sandro
Petugas sedang membersihkan menyemprotkan air ke sisa banjir dan lumpur di Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta tepatnya di Gedung Loading/Unloading Dock, Selasa (21/12/2021). 

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGERANG - PT Angkasa Pura II angkat suara terkait dengan peristiwa banjir yang melanda area gedung Loading/Unloading Dock, Terminal 3 Internasional Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Senior Manager Branch Communication & Legal Bandara Soekarno-Hatta, M. Holik Muardi mengatakan, penyebab terjadinya banjir dikarenakan debit air di saluran utama (saluran induk) meninggi, membuat saluran buangan air menjadi lambat.

Dengan demikian, membuat area loading dock yang merupakan area terendah di Terminal 3 Internasional, menjadi terdampak banjir.

Ia pun menegaskan, saat ini AP II saat ini langsung melakukan pemeriksaan keandalan saluran air pada lingkungan sekitar Bandara Soekarno-Hatta.

"Penyebab terjadinya banjir di loading dock Terminal 3 Internasional diduga adalah karena debit air di saluran utama (saluran induk) meninggi, sehingga buangan air menjadi lambat," ujar M. Holik Muardi dalam keterangan resminya, Selasa (21/12/2021) petang.

"Kami saat ini sedang menginvestigasi faktor yang menyebabkan saluran air utama meninggi," sambungnya.

Meski terdapat hujan dengan intensitas tinggi, Holik memastikan pelayanan operasional bandara dan penerbangan tetap berjalan baik tanpa gangguan apapun.

"Layanan kepada penumpang tidak terganggu, karena memang lokasinya berada di area gedung loading dock," kata dia.

"Area loading dock adalah area terbatas dan hanya dapat diakses oleh orang yang telah mendapat perizinan, sehingga tidak dilalui oleh penumpang atau pengunjung bandara," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, tersebar viral di sosial media Instagram, sebuah video yang menunjukan kawasan terminal 3 Internasional Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, dilanda banjir.

Melalui pantauan TribunTangerang pada pukul 17.00 WIB, kawasan gedung Loading/Unloading Doxck merupakan dataran yang menurun ke bawah sekira sepanjang 15 meter, dengan posisi diapit oleh tiga gedung yang tinggi, yakni terminal 3 Internasional, gedung parkir internasional, serta Hotel Anara Airport.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved