Job Fair

Job Fair Tingkat Kelurahan di Kota Tangerang Resmi Berakhir, Jaring 7.458 Pelamar

Kegiatan Job Fair tingkat kelurahan yang diselenggarakan Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang tahun 2021 resmi berakhir.

Istimewa
Pemkot Tangerang menggelar job fair untuk menekan angka pengangguran. Job fair ini telah diselenggarakan secara daring dan luring. 

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGERANG - Kegiatan Job Fair tingkat kelurahan yang diselenggarakan Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang tahun 2021 resmi berakhir.

Job Fair yang diselenggarakan di 104 kelurahan di Kota Tangerang ini merupakan lanjutan dari Job Fair Virtual. 

Bursa lowongan kerja yang digelar secara daring lebih dulu dilaksanakan Pemkot Tangerang untuk menekan angka pengangguran.

Kepala Bidang Penempatan Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnaker Kota Tangerang Mualim mengatakan, job fair kelurahan diselenggarakan sejak 29 November 2021.

Selama kurang lebih satu bulan digelar, job fair tingkat kelurahan menyediakan 52.475 lowongan kerja dengan 1.827 formasi dari 726 perusahaan.

Hasilnya, sebanyak 7.458 para pencari kerja (pencaker) telah mengirim lamaran pekerjaan tersebut.

Baca juga: Arief R Wismansyah Minta Warga Manfaatkan Program Job Fair sebagai Penanganan Pengangguran

Baca juga: Lokasi Job Fair Tangerang di Kecamatan Jatiuwung, Rabu 15 Desember

Dari pengirim lamaran kerja itu sebanyak  327 di antaranya diproses dan 9 pencaker telah lolos seleksi administrasi.

"Minggu ini adalah hari terakhir gelaran job fair tingkat kelurahan di Kota Tangerang, sejak diselenggarakan sejak satu bulan lalu," ujar Mualim, Jumat (24/12/2021).

"170 orang kini sedang melalui tahap psikotes dan 41 pencaker telah menjalani tahap interview," ujarnya.

Mualim menjelaskan, umumnya pelamar job fair tingkat kelurahan tersebut baru lulus sekolah menengah atas atau sekolah menengah kejuruan (SMA/SMK) saat masa Pandemi Covid-19.

"Atau pun yang belum bekerja karena terhalang pandemi," ujarnya.

"Mereka melamar di berbagai macam perusahaan yang sudah bekerja sama dengan Pemkot Tangerang, seperti perusahaan pembiayaan, teknologi informasi, garmen dan lainnya," katanya.

Baca juga: Kecamatan Karawaci Gelar Job Fair Tingkat Kelurahan 673 Lowongan Kerja Tersedia 

Baca juga: Kisah Fariha 6 Bulan Menganggur, Berharap Banyak di Job Fair Kelurahan Kota Tangerang

Sebelumnya, Disnaker Kota Tangerang menggelar virtual job fair bulanan telah menyerap 5.126 pencari kerja, dari total 24.977 lowongan yang tersedia.

Selain itu, Pemkot Tangerang juga telah menerapkan berbagai program, guna menekan angka pengangguran terutama pada masa pandemi Cpvid-19.

Antara lain pelatihan kewirausahaan, pelatihan berbasis kompetensi, serta pemberian dana pinjaman modal lewat Tangerang Bisa dan Tangerang Emas.

Mualim mengatakan, pihaknya akan terus melakukan berbagai upaya mengurangi angka pengangguran yang tinggi di Kota Tangerang.

"Selama tahun 2021 ini, pada pelatihan kewirausahaan ditargetkan ada 22 pelatihan, seperti pelatihan barista, digital marketing, sablon dan pembuatan makanan," kata Mualim.

"Kedepan, kita masih akan terus menggalakkan program-program yang ada, agar tingkat pengangguran di Kota Tangerang dapat semakin ditekan," kata Mualim.


Caption Foto: Gelaran Job Fair Virtual yang diselenggarakan Pemkot Tangerang.

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved