Libur Nataru

Siap Urai Kemacetan Saat Libur Nataru, Polres Metro Tangerang Dirikan Pos Pengamanan di Perbatasan

Pos penyekatan tersebut didirikan untuk mengurai apabila terjadi kemacetan pada jalur perbatasan dari dan menuju Kota Tangerang.

Penulis: Gilbert Sem Sandro | Editor: Mohamad Yusuf
TRIBUNTANGERANG/GILBERT SEM SANDRO
Posko pengamanan yang didirikan Polres Metro Tangerang Kota di perbatasan Kota Tangerang, yakni Jatiuwung. 

TRIBUNTANGERANG.COM, JATIUWUNG - Polres Metro Tangerang Kota mendirikan dua pos pengamanan pada periode libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Dua pos pengamanan tersebut berada di ruas jalan perbatasan Kota Tangerang, yakni di kawasan Jatiuwung dan juga Batu Ceper.

Kabag Humas Polres Metro Tangerang Kota, Kompol Abdul Rachim mengatakan, pos penyekatan tersebut didirikan untuk mengurai apabila terjadi kemacetan pada jalur perbatasan dari dan menuju Kota Tangerang.

"Posko pengamanan tersebut didirikan untuk mengurai kemacetan, karena menjelang tahun baru arus lalulintas biasanya lebih padat," ujar Kompol Abdul Rachim saat diwawancarai TribunTangerang, Rabu (29/12/2021).

"Tim yang berjaga disitu tugasnya saat ini masih untuk mengurai kemacetan saja," sambungnya.

Rachim menerangkan, didirikannya posko pengamanan tersebut bukan untuk melakukan penyekatan bagi pengendara yang ingin keluar ataupun masuk Kota Tangerang.

Selain itu, ia juga memastikan petugas yang berjaga pada posko tersebut tidak melakukan pencegatan ataupun melarang pengendara yang ingin mudik.

 "Kita enggak ada melakukan penyekatan bagi pengendara yang melintas baik keluar ataupun masuk ke Kota Tangerang," jelasnya.

"Jadi posko ini didirikan bukan seperti beberapa waktu lalu saat PPKM Darurat yang membatasi mobilitas masyarakat, ini hanya untuk penguraian kemacetan saja," imbuhnya.

Pantauan TribunTangerang pada pos pengamanan yang beradi di Jatiuwung, tidak terlihat susunan barier ataupun fasilitas pendukung lainnya yang dipasang untuk membatasi dan memeriksa pengendara secara satu persatu.

Berbeda dengan sebelumnya, saat pos pengamanan untuk membatasi mobilitas masyarakat ketika PPKM Darurat diberlakukan beberapa waktu lalu. Penjagaan pos pengamanan kali ini terlihat lebih lengang.

Hanya terlihat sebuah tenda yang digunakan sebagai pos petugas, selain itu petugas yang berjaga juga tidak sebanyak sebelumnya.

Pada pos tersebut hanya dijaga oleh dua orang personel Polrestro Tangerang Kota serta tiga petugas Satpol PP Kota Tangerang. 

Salah seorang personel kepolisian yang bertugas menuturkan, posko pengamanan tersebut akan dilakukan hingga 2 Januari 2022 mendatang.

Baca juga: Cara Cek Penerima BSU Rp1 Juta Lewat bsu.kemnaker.go.id atau WhatsApp dan Cara Pencairannya

Baca juga: Kisah Keluarga Komplotan Copet Asal Jakarta Beraksi di Sirkuit Mandalika, Ayah, Ibu, Anak, Tersangka

Nantinya, penjagaan akan diperketat pada tanggal 31 Desember 2021-1 Januari 2022.

"Sekarang kita hanya mengurai kemacetan saja di titik ini, tapi nanti menjelang malam pergantian tahun, konsenterasi penjagaan akan kita lakukan penuh sejak sore hari," ucap salah seorang personel kepolisian yang berjaga.

"Nanti juga kita akan melakukan patroli ke titik-titik keramaian untuk memastikan tidak terjadi kerumunan saat malam pergantian tahun. Fokus kita itu mencegah terjadinya penumpukan dan kerumanan masyarakat," pungkas salah satu petugas tersebut. (M28)

 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved