Breaking News:

Sistem Merit

Pemkot Tangerang Implementasikan Sistem Merit untuk Mendorong Terciptanya Manajemen ASN yang Baik

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah membuka acara Sosialisasi Implementasi Sistem Merit di Lingkungan Pemerintah Kota Tangerang.

Penulis: Andika Panduwinata | Editor: Sigit Nugroho
TribunTangerang.com
Pemkot Tangerang Gelar Sosialisasi Implementasi Sistem Merit guna mendorong terciptanya manajemen ASN. 

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGERANG - Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah membuka acara Sosialisasi Implementasi Sistem Merit di Lingkungan Pemerintah Kota Tangerang yang digelar secara daring, Kamis (30/12/2021).

Acara itu juga dihadiri oleh Asisten Komisioner Bidang Pengawasan Penerapan Sistem Merit Wilayah 2 KASN Agus Sudiyanto.

"Sesuai Peraturan KASN Nomor 19 tahun 2019 tentang Pedoman Sistem Merit bahwa Instansi Pemerintah yang mendapat penilaian dengan Kategori Baik dan Sangat Baik harus memiliki dan menerapkan Manajemen Talenta dan Rencana Suksesi sesuai dengan ketentuan Perundang undangan," kata Arief saat memberikan sambutan.

"Manajemen Talenta berfokus pada pengembangan pegawai dan calon pemimpin dalam mengantisipasi kebutuhan organisasi di masa yang akan datang serta memberi kesempatan yang luas bagi pengembangan karir seluruh pegawai," ujar Arief.

Baca juga: Arief R Wismansyah Izinkan Warga Gelar Nobar Final AFF 2020 Indonesia VS Thailand

Baca juga: Arief R Wismansyah Beberkan Mekanisme Aturan PTM Tahun Ajaran Baru

Baca juga: Pesan Arief R Wismansyah terhadap Mahasiswa Penerima Beasiswa Rp 8 Juta

Arief menerangkan bahwa Sistem Merit bukanlah hanya mengenai pengisian jabatan saja namun terdapat 8 aspek.

"Mulai dari Perencanaan Kebutuhan, Pengadaan, Pengembangan Karir, Promosi dan Mutasi, Manajemen Kinerja, Penggajian, Penghargaan dan Disiplin, Perlindungan dan Pelayanan serta Sistem Informasi," ucap Arief.

Arief juga merinci salah satunya kaitan dengan Sistem Informasi menjadi syarat utama dalam Manajemen Talenta dan Rencana Suksesi bahwa Pemkot Tangerang mempunyai Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMASN) yang sudah diakui secara nasional dengan diterimanya BKN Award selama 5 tahun berturut- turut.

BERITA VIDEO: Kunci Kalahkan Thailand di Leg 2 Final Piala AFF 2020, Tumpuk Pemain di Tengah

"Sistem atau aplikasi tersebut sudah terdapat aplikasi manajemen talenta dan rencana suksesi, yang di dalamnya telah terpetakan data talenta pegawai yang diukur berdasarkan capaian kinerja serta potensi dan kompetensi pegawai," katanya.

Arief berharap, pegawai di lingkungan Pemkot Tangerang dapat mendorong terciptanya sistem merit di lingkungan OPD masing-masing melalui peningkatan kualitas SDM demi kemajuan Kota Tangerang. Khususnya dalam pengelolaan manajemen ASN.

"Tidak lupa kami ucapkan terima kasih kepada bapak-bapak Asisten Komisioner Pengawasan Sistem Merit KASN yang senantiasa membimbing dan mendukung kami dalam menerapkan Sistem Merit di Kota Tangerang," ungkap Arief.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved