Breaking News:

KKP Bandara Soetta Bantah 15 Orang Petugas Terpapar Covid-19 Varian Omicron

Darmawali juga menjelaskan, seluruh pelaku perjalanan luar negeri yang baru tiba di Indonesia dan dinyatakan positif Covid-19 merupakan suspect.

Penulis: Gilbert Sem Sandro | Editor: Mohamad Yusuf
TRIBUNTANGERANG/GILBERT SEM SANDRO
Terminal 3 Internasional Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. 

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGERANG - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soekarno-Hatta membantah 15 petugas medis Terminal 3 Kedatangan Internasional Bandara Soekarno-Hatta yang Covid-19 varian Omicron.  

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Bandara Soekarno-Hatta, Darmawali Handoko membenarkan, 15 orang petugas medis yang terdiri dari dua vendor pelaksana swab RT-PCR dan Antigen yang berada di Terminal 3 Internasional Soetta, dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI terpapar Covid-19.

Namun untuk terpapar varian Omicron Darmawali membantah, lantaran masih menunggu hasil yang dikeluarkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes).

"Kalau positif Covid-19 memang benar, tapi kalau untuk terpapar varian Omicron, belum bisa pastikan karena kita masih menunggu hasil yang dikeluarkan dari Balitbangkes," ujar Darmawali Handoko kepada awak media, Selasa (4/1/2022).

"Biasanya kan kalau (ada yang terpapar varian) omicron nanti diumumin sama ibu Nadia (Jubir Satgas Covid-19 Kemenkes)," imbuhnya.

Darmawali juga menjelaskan, seluruh pelaku perjalanan luar negeri yang baru tiba di Indonesia dan dinyatakan positif Covid-19 merupakan suspect varian Omicron.

Namun, para pelaku perjalanan intenasional tersebut baru dapat dipastikan terpapar varian Omicron setelah diumumkan oleh Balitbangkes.

"Karena semua orang yang baru pulang dari luar negeri itu dikatakan suspect membawa virus, tapi belum tentu Covid-19. Begitu juga mereka yang dinyatakan terkonfirmasi Covid-19 maka dia suspect Omicron, tapi pasti tidaknya Omicron kan harus diteliti lebih jauh di Balitbangkes," ungkapnya.

"Makanya belum tentu yang 15 orang itu terpapar varian Omicron, tapi kalau terpapar Covid-19 iya benar," jelasnya.  

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 15 orang petugas medis di Terminal 3 Kedatangan Internasional Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, terpapar Covid-19 varian Omicron.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved