Anies Sebut Perlu Adanya Penataan Ulang Konsep Rumah di Perkotaan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan bahwa penurunan angka kemacetan di Jakarta lantaran hadirnya integrasi transportasi umum.

pexels/alifia-harina
Setelah tidak jadi ibu kota negara, Jakarta diharapkan tetap jadi pusat ekonomi dan pusat kesehatan 

TRIBUNTANGERANG.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan bahwa penurunan angka kemacetan di Jakarta, lantaran hadirnya integrasi transportasi umum di Ibu Kota.

Hal tersebut disampaikan Anies, melalui akun YouTube Pemprov DKI Jakarta yang berjudul Bincang Urban 20: Isu Perkotaan Pada Presidensi G20 Indonesia, Rabu (16/2/2022).

Orang nomor satu di Ibu Kota ini menyebut tingkat kemacetan di Jakarta turun selama 5 tahun terakhir ini.

"Jakarta dalam hal ini akan membawa pengalaman di dalam mengintegrasikan transportasi publik yang berdampak kepada penurunan karbon dan penurunan kemacetan dan ini ditunjukkan lewat data time series yang kita miliki. Selama 5 tahun sampai 6 tahun ini kita menyaksikan penurunan tingkat kemacetan, peningkatan pada target dekarbonisasi dan ini adalah wujud konkretnya," jelas Anies.

Baca juga: Anies Diminta Bergerak Lebih Cepat, 6 Ribu Balita Alami Gizi Buruk di Jakarta

Anies juga mengungkapkan bahwa perlu adanya penataan ulang konsep rumah di perkotaan.

"Dulu rumah-rumah kita itu adalah rumah tinggal sekarang itu menjadi rumah kerja," tambah dia.

Namun demikian, kata dia, desain yang ada saat ini belum mendukung adanya konsep seperti itu.

"Desain-desain kita selama ini belum mengakomodasi itu. Kemudian satu ruang rumahnya sendiri yang kedua tentang zonasi planning tata kota yang itu membutuhkan penyesuaian. Kendala dalam percepatan penyesuaian itu regulasi," paparnya.

"Kenapa? Karena misalnya kita ingin membangun rumah yang biasanya kalau dimensi rumah itu dulunya panjang lebar saja, sekarang panjang lebar tinggi. Kan biasanya kalau tipe panjang lebar sekarang rumahnya perlu ditinggikan karena dalamnya mezzanine atasnya untuk atasnya untuk tidur bawahnya untuk bekerja," jelasnya.

Baca juga: Ridwan Kamil dan Anies Main Sepak Bola di JIS, Warganet :Kode Capres dan Cawapres 2024

Menurut Anies, konsep rumah kerja saat ini sudah mulai diterapkan di Jakarta.

Ia menyebut semua rumah susun baru berkonsep rumah kerja.

"Semua rumah baru kita yang rumah susun itu dikonsep dengan ruang kerja di mana atas tempat tidur, bawah tempat kerja tapi dalam satu ruang bukan tingkat yang terpisah," ucapnya.

Di sisi lain, dirinya juga melihat kebutuhan untuk menata ulang lokasi rumah dengan lokasi kerja dan ini membutuhkan relaksasi regulasi. 

"Jadi nanti bahan-bahan seperti ini, ini yang nanti bisa menjadi kesimpulan-kesimpulan untuk ditawarkan ke pemerintah pusat ketika berbicara di G20," tutur Anies. (m27)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved