Banjir Jakarta

Tak Ada Drainase di Dunia Didesain Berdasarkan Cuaca Ekstrem, Dinas SDA: Peluangnya Setahun Sekali

Yusmada menjelaskan, tidak ada desain drainase berdasarkan curhat hujan yang ekstrem. Hal tersebut dikarenakan, peluang terjadinya setahun sekali.

Tribunnews.com
Yusmada menjelaskan, tak ada desain drainase berdasarkan curhat hujan yang ekstrem karena peluang terjadinya setahun sekali. Ilustrasi: BPBD DKI mengingatkan masyarakat Jabodetabek yang beraktivitas di ibu kota waspada, sebab beberapa hari ke depan akan ada cuaca ekstrem. 

TRIBUNTANGERANG.COM, GAMBIR -- Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Yusmada Faizal mengatakan meski beberapa waktu lalu hujan deras melanda wilayah Ibu Kota sehingga menyebabkan beberapa wilayah banjir. Menurutnya, hal tersebut adalah wajar. 

Sebab, sistem drainase yang dihadirkan di Jakarta memang tidak disiapkan untuk menampung curah hujan saat cuaca ekstrem terjadi.

"Ya, normally itu saluran drainase kita didesain untuk hujan-hujan di bawah 50 ml," ucap Yusmada di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (1/3/2022).

Adapun kapasitas drainase ini, kata dia, dirancang sesuai dengan rata-rata curah hujan di Jakarta.

"Jadi ketika melancar saluran itu berdasarkan curah hujannya berapa. Namanya curah hujan rencana," tambahnya.

Yusmada menjelaskan bahwa tidak ada desain drainase berdasarkan curhat hujan yang ekstrem. Hal tersebut dikarenakan, peluang terjadinya setahun sekali.

"Tidak ada di dunia ini didesain berdasarkan curah hujan ekstrem, bukan enggak ada tapi itu (curah hujan ekstrem) peluang yang terjadinya sekali setahun," ucapnya.

Sehingga, kata Yusmada, untuk membangun sistem drainase yang kapasitasnya lebih besar saat ini belum diperlukan.

"Pertanyaannya apa perlu? Untuk hujan 50 ml saja kita butuh saluran 2 meter. Kalau kita mau kapasitas 100 ml bisa dua kali lipat," jelas dia.

Sementara itu, Dinas SDA DKI juga memiliki program pengerukan 'gerebek lumpur' memiliki pengaruh besar mengatasi permasalahan banjir.

"Sangat punya pengaruh besar, kalau ibaratnya kapasitas air itu 1 gelas kita sediakan 1 gelas, jangan pas hujan dia tinggal setengah," ucap Yusmada. (m27)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved