Tangerang Raya

Kemenag Kota Tangsel Optimis Jamaah Haji Bakal Berangkat Tahun Ini ke Mekkah

Kemenag Kota Tangsel optimis, penyelenggarakan ibadah haji bakal kembali dilakukan tahun 2022 ini karena kasus Covid-19 terus menurun.

Penulis: Rizki Amana | Editor: Intan Ungaling Dian
Tribun Tangerang/Rizki Amana
Pegawai Pelayanan Pemberangkatan Umrah dan Haji Kemenag Kota Tangsel sedang memberikan penjelasan kepada calon jamaah haji, Selasa (8/3/2022). 

TRIBUNTANGERANG.COM, SERPONG - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama (Kemenag) terus mengupayakan keberangkatan jamaah haji pada tahun 2022. 

Upaya itu dilakukan karena kasus Covid-19 di sejumlah negara termasuk Indonesia mulai menurun. 

Optimis dapat menyelenggarakan kembali ibadah haji setelah dua tahun ditangguhkannya itu dikemukakan Kepala Seksi Umrah dan Haji Kemenag Kota Tangerang Selatan Tutun Haerul Saleh. 

"Kami melihat dengan adanya pelonggaran pelaksanaan ibadah umrah oleh pemerintah Arab Saudi kami optimis semoga untuk pelaksanaan haji tahun 2022 ini bisa berangkat jamaahnya," kata Tutun saat ditemui Tribuntangerang.com di Kantor Kemenag Kota Tangsel, Serpong, Selasa (8/3/2022).

Tutun menuturkan, optimis jamaah haji dapat berangkat pada tahun ini berdasarkan sejumlah pelonggaran aturan kegiatan ibadah umrah. 

Baca juga: MUI Tegaskan Ibadah Haji di Metaverse Tidak Memenuhi Syarat

Baca juga: 2 Warga Serpong Tangsel Nekat Gowes ke Mekkah untuk Ibadah Haji, Diperkirakan 6 Bulan Sampai

Sejak tahun 2021 ini, jamaah yang menjalankan ibadah umrah tak terlalu ketat aturannya. 

"Optimisme itu mulai pelonggaran-pelonggaran pemerintah Arab Saudi dalam pelaksanaan mulai dari keberangkatan."

"Kemudian juga tidak ada lagi karantina, dan PCR swab test, kemudian juga mulai ibadahnya juga mulai tidak ada lagi ada jarak," jarnya. 

Kendati demikian, Kemenag Kota Tangsel masih menunggu keputusan dari pihak Kemenag Kota Tangsel

"Kami dari terutama di kota/kabupaten itu adalah menunggu dari instruksi atau pengumuman dari pemerintah pusat dalam hal ini adalah Kementerian Agama yaitu merekalah yang akan menentukan jadi atau tidaknya," kata Tutun Haerul Saleh.

 

 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved