Cuaca Ekstrem

Tak Mampu Menahan Hujan Es, Kaca Balai Kota Tangsel Hancur Berantakan

Beberapa dinding kaca pada gedung Balai Kota Tangsel pecah berkeping-keping karena tak kuat menahan terpaan hujan es, Senin (14/3/2022).

Penulis: Ign Prayoga | Editor: Ign Prayoga
Istimewa/Kompas.com
Dinding kaca yang pecah di Lantai 3 Balai Kota Tangsel akibat hujan es, Senin (14/3/2022). 

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGSEL -- Cuaca ekstrem melanda wilayah Tangerang Selatan, Banten, dan sekitarnya pada Senin (14/3/2022) sekitar pukul 15.45 WIB.

Pada sore itu, hujan es melanda Tangerang Selatan. Hujan es terjadi di tengah hujan deras disertai angin kencang.

Dari sejumlah bangungan bertingkat di wilayah Tangsel, kerusakan akibat hujan es terjadi di Balai Kota Tangsel.

Sejumlah kaca dinding Balai Kota Tangsel pecah akibat terpaan hujan es.

Baca juga: KOTA Tangerang Selatan Diprediksi Bakal Kembali Dilanda Hujan Es dan Angin Kencang

Saat terjadi hujan angin disertai petir Senin sore, warga yang berada di Balai Kota Tangsel panik dan berhamburan turun menuju lobi utama Pusat Pemerintahan Kota (Puspemkot) Tangsel.

"Panik banget ya Allah. Banyak kaca yang pecah," ujar salah seorang staf di Balai Kota Tangsel. "Kaca lantai empat juga ada yang pecah," ujar staf lainnya.

"Terdengar ada suara pecahan kaca dari ruangan plaza rakyat," ucap salah seorang petugas keamanan.

Mei Beberapa infrastruktur di Balai Kota Tangsel juga mengalami kerusakan. Menurut pantauan Kompas.com di lokasi, tulisan pada plang Balai Kota Tangerang Selatan mengalami kerusakan. "Tulisan pada plangnya rusak, huruf G-nya hampir copot. Baru rusaknya itu kena angin tadi," ujar salah seorang staf, dikutip dari Kompas.com.

Baca juga: Jokowi dan Pembalap MotoGP Bakal Riding Bareng, Penutupan Jalan Belum Ditentukan

"Kaca di lantai tiga juga pecah berserakan," ucap seorang petugas keamanan.

Tampak petugas keamanan dibantu staf lainnya merapikan seng puing-puing plang atau penyangga yang roboh akibat terpaan hujan angin di depan lobi gedung utama.

Selain itu, kaca pada jembatan penghubung antara lantai 3A Balai Kota Tangerang Selatan dengan area parkiran di gedung tersebut pecah akibat diterpa hujan angin yang terjadi Senin sore.

"Kerusakan di gedung Pemkot ada beberapa yang rusak dan kaca pecah. Ada plafon yang roboh, itu sedang kami perbaiki, sedang kami bersihkan," ujar Kepala Bidang Pengelolaan Informasi, Komunikasi, dan Kehumasan Diskominfo Tangsel Irfan Santoso.

Baca juga: Mawar AFI Disindir Sepupu Mantan Suami di Media Sosial Langsung Balas Sindir

Irfan mengatakan, Unit Pelaksana Tugas (UPT) Pemeliharaan telah melakukan pengecekan. "Kemudian mempersiapkan untuk perbaikan-perbaikan untuk secepatnya akan diperbaiki," lanjutnya.

Menurut Irfan, kerusakan terparah yang terjadi di Balai Kota Tangsel yaitu pada jembatan penghubung antara gedung dengan parkiran. "Ada kaca yang pecah dan itu sudah kita bersihkan. Sementara sudah bisa dipakai dan fungsinya masih berjalan dengan baik," ucap Irfan. "Hanya belum kami persiapkan untuk lebih baik karena kaca akan kami tutup agar tidak ada angin atau air hujan yang masuk ke jembatan," katanya. (*)

Sumber: Kompas.com

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved