Ramadan 2022

Mudik Diizinkan, Potensi Munculnya Arus Urbanisasi

Diizinkannya arus mudik pada lebaran kali ini, selain berpotensi menambah kasus Covid-19, juga menambah arus urbanisasi.

Tribun Tangerang/Andika Panduwinata
Tiga Kepala Daerah di wilayah Tangerang Raya dari ki-ka Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, dan Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie 

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGERANG - Diizinkannya arus mudik pada lebaran kali ini, selain berpotensi menambah kasus Covid-19, juga menambah arus urbanisasi.

Padahal akibat pandemi selama dua tahun, angka pengangguran meningkat. 

Hal ini mengemuka pada diskusi yang dihadiri tiga kepala daerah yang dikatakan wilayah Tangerang Raya

Wilayah Tangerang Raya meliputi Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Tangerang Selatan menyoroti perihal mudik yang saat ini telah dibolehkan pemerintah.

Baca juga: Ketika Kepala Daerah Wacanakan Provinsi Tangerang Raya, Mungkinkah?

Seperti diketahui melandainya kasus Covid-19 diterapkan sejumlah kelonggaran-kelonggaran aktivitas, seperti mudik dan lain sebagainya.

"Paling dikhawatirkan itu terjadinya urbanisasi setelah mudik," ujar Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar pada akhir pekan ini.

Ia menjelaskan masyarakat Tangerang Raya saat mudik berkurang 40 persen. Namun setelah mudik, mereka kembali ke Tangerang Raya dengan jumlah bertambah berkisar 50 persen.

"Ada yang membawa sanak keluarganya ke sini. Padahal angka pengangguran di Tangerang tinggi karena dampak pandemi. Ada sekitar 31.000 jumlah penangguran di Kabupaten Tangerang," ucapnya.

Baca juga: Pasar Muda Minggu Sore Malam Jadi Tempat Ajang Kumpul Milenial Gaul Tangerang Raya

Hal senada juga diungkapkan oleh Wali Kota Tangerang, Arief R. Wislansyah.

Menurutnya berkaca dari pengalaman tahun kemarin, kasus Covid-19 selalu naik setelah libur panjang.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved