Edukasi

4 Kunci Agar Dapat Nilai Terbaik Saat Ujian

Persaingan merebutkan kursi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sangat ketat. Sehingga butuh persiapan dan strategi bisa bisa mendapatkan kursi itu. 

Penulis: | Editor: Lilis Setyaningsih
pexels/katerina-holmes
Persiapan ujian dengan belajar 

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGERANG — Persaingan merebutkan kursi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sangat ketat. Sehingga butuh persiapan dan strategi bisa bisa mendapatkan kursi itu. 

Salah satu untuk merebut kursi di PTN dengan mendapatkan nilai setinggi mungkin di tes UTBK  (Ujian Tulis Berbasis Komputer) SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)  yang akan berlangsung pada bulan Mei mendatang, 

“Persaingan masuk Perguruan Tinggi Negeri sangat ketat. Untuk itu, nilai UTBK SBMPTN harus yang terbaik.  Persiapkan diri dengan baik agar bisa masuk perguruan tinggi negeri sesuai jurusan yang diimpikan,” kata Manajer Marketing Nasional Penerbit Erlangga, Irving William P.W dalam webinar dalam menghadapi UTBK 2022 belum lama ini. 

Suyanto M.Pd., Penulis dan& Trainer Spesialis UTBK memaparkan secara umum pelajari materi yang diujikan dan rajin ikut try out untuk memantau kemampuan. (lihat boks)

Baca juga: Siap Ujian Sekolah, Tidak Hanya Mengejar Nilai Semata

Sementara itu Charlotte  Fatima Haque Ramadhan yang akrab di sapa Char ini membagikan tips sukses menghadapi UTBK dan masuk ke PTN impiannya. Saat ini Char salah satu mahasiswi IPB Fakultas Kedokteran Hewan.

Menurutnya, selama mempersiapkan tes harus menyiapkan niat dan semangat, membuat jadwal belajar, kemudian memperbanyak waktu belajar, mengurangi waktu bermain atau berleha-leha, rutin mengerjakan soal-soal UTBK terutama dari buku atau internet, lalu mengikuti tryout UTBK.

“Juga belajar bersama teman, bertukar pertanyaan, membuat target, membuat rencana cadangan, dan tentunya berdoa,” imbuh Char yang juga putri pasangan Shahnaz Haque dan Gilang Ramadhan ini.

Ia juga mengatakan bahwa pilihan studi harus yang disukai, jangan asal masuk PTN saja. Bila tidak disukai dan harus menempuh pendidikan yang tidak disukai akan membuat menderita selama bertahun-tahun. 

Baca juga: Jangan Menambah Kecemasan, ini 6 peran Orangtua saat Anak Hadapi Ujian

Ada 4 kunci sukses UTBK SBMPTN 2022, dari Suyanto:

1. Belajar Materi yang diujikan, baik TPS (tes potensi skolastik), Bahasa Inggris dan TKA (tes kemampuan akademik) harus yang relevan. 
2. Latihan Mandiri. Setelah selesai belajar materi yang diujikan, langkah selanjutnya adalah perbanyak latihan mandiri. Latihan mandiri tidak harus susah, tetapi harus relevan baik bentuknya maupun tingkat kesulitannya.
3. Ikuti Try Out UTBK. Jangan sembarang ikut Try Out UTBK., Iikuti Try Out UTBK yang relevan, ada blocking time- nya, menggunakan sistem IRT yang seperti digunakan oleh LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi)
4. Konsultasi dengan Ahli. Diskusi dengan guru BK di sekolah  atau profesional lain di bidangnya, yang dapat mengeksplore kemampuan sehingga tidak salah memilih jurusan dan sukses kuliah di PTN impian.

Baca juga: Pekan Depan Tryout Ujian Sekolah, Pelajar di Kota Tangerang Antusias Ikuti PTM Terbatas

Penerbit Erlangga sebagai salah satu penerbit buku pendidikan terbaik di Indonesia telah menyiapkan buku-buku soal latihan khusus untuk persiapan menghadapi UTBK, yaitu Erlangga Fokus UTBK SBMPTN kelompok Saintek dan Soshum.

Buku Erlangga Fokus UTBK SBMPTN menyajikan Rangkuman Materi, Contoh Soal dan Pembahasan, Prediksi Soal UTBK SBMPTN, Simulasi UTBK SBMPTN Berbasis Komputer, dan Kunci Jawaban sebagai bahan evaluasi belajar mandiri. soal latihan mandiri dalam bentuk paket-paket soal. (*)

 

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved