Pemerintah akan Kirim Mahasiswa Vokasi untuk Magang di Luar Negeri

pemerintah akan memfasilitasi mahasiswa vokasi untuk magang di luar negeri yang pendanaannya didukung Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)

Penulis: Ign Prayoga | Editor: Ign Prayoga
Youtube Kemendikbud
Mendikbudristek, Nadiem Makarim 

TRIBUNTANGERANG.COM, JAKARTA -- Kementerian Pendidikan meluncurkan program Indonesian International Students Mobility Awards (IISMA) edisi Vokasi tahun 2022.

Menteri Pendidikan Nadiem Makarim mengatakan melalui program ini, pemerintah akan memfasilitasi mahasiswa vokasi ke perguruan tinggi terkemuka di luar negeri.

"Hari ini adalah salah satu hari yang paling bersejarah dalam dunia pendidikan di Indonesia. Pada hari ini kita meluncurkan program pertama yang mendanai mahasiswa vokasi untuk belajar di kampus kelas dunia yaitu IISMA Edisi Vokasi," ujar Nadiem melalui keterangan tertulis, Jumat (15/4/2022).

Lewat program ini, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) akan mengirimkan mahasiswa vokasi untuk belajar dan magang selama satu semester di berbagai negara.

Baca juga: Prilly Latuconsina Akui Tidak Tertarik ke Dunia Politik, Rencana Meneruskan Studi S2

Nadiem mengatakan program ini akan melahirkan calon-calon pemimpin yang menguatkan posisi Indonesia di panggung dunia.

Selain itu, Nadiem menuturkan program ini juga menjadi cara pemerintah untuk terus menghilangkan sekat-sekat antara pendidikan vokasi dengan industri.

"Internasionalisasi pendidikan menjadi keharusan jika kita ingin berperan dan mendapat manfaat dari globalisasi. Hal ini juga berlaku bagi mahasiswa pendidikan vokasi yang kelak akan bekerja di industri-industri terkemuka dunia, baik yang berlokasi di Indonesia maupun di mancanegara," tutur Nadiem.

Baca juga: Siswi MAN 4 yang Juga Anak Jaksel Ini Diterima di Enam Kampus di Luar Negeri

Dia berharap program ini dapat meningkatkan kemampuan berinteraksi internasional yang sangat dibutuhkan oleh para lulusan vokasi di mana pada masa yang akan datang industri akan menjadi semakin kompetitif.

Program IISMA mendapatkan dukungan pendanaan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Dirjen Vokasi Wikan Sakarinto mengatakan dalam program ini pemerintah akan mengirimkan mahasiswa vokasi untuk belajar dan magang selama satu semester di berbagai negara. Para mahasiswa akan menjadi duta bagi pengembangan kerja sama.

Baca juga: Ahmed Zaki Iskandar Usung Program Pemkab Tangerang Bekerja Sama dengan Universitas Luar Negeri

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved