Arus Mudik 2022

Tol Jakarta-Cikampek Km 57 Ramai Lancar, Kecepatan Bisa 80 Km per Jam

Kondisi lalu lintas ramai lancar terjadi di Km 57 jalan tol Jakarta-Cikampek, Kamis (28/4/2022) petang. Laju kendaraan antara 80-120 Km/jam.

Penulis: Ign Prayoga | Editor: Ign Prayoga
Tribunnews.com/Alfarizy AF
Lalu lintas ramai lancar terwujud di Km jalan tol Jakarta-Cikampek, Kamis (28/4/2022) sore. 

TRIBUNTANGERANG.COM, KARAWANG -- Kondisi lalu lintas ramai lancar terjadi di Km 57 jalan tol Jakarta-Cikampek, Kamis (28/4/2022) sekitar pukul 17.10 WIB.

Kendaraan yang melintas di wilayah ini diperkirakan melaju pada kecepatan antara 80-120 Km/jam. Sedangkan intensitas kendaraan mencapai 80 kendaraan/menit.

Kondisi serupa dijumpai di dalam rest area Km 57 saat ini. Tidak ada penumpukan kendaraan di dalam rest area.

"Sirkulasi keluar masuk kendaraan masih dalam jumlah yang sesuai," ujar polisi yang bertugas di pintu masuk rest area Km 57.

Baca juga: Pedagang Kaki Lima di Jalan Arteri Pantura Berjualan Selama 24 jam, Tidak Tidur Semalaman

Baca juga: Jalur Pantura Indramayu kendaraan Pemudik Ramai Lancar 

Sistem buka tutup sempat diterapkan di rest area Km 57 karena jumlah kendaraan terlalu banyak. Namun, pada Kamis petang, rest area tersebut telah beroperasi normal dan kendaraan yang tiap kendaraan diberi waktu berhenti 30 menit.

"Tidak ada buka tutup, semua kendaraan masuk normal," ujar petugas kepolisian itu.

Diberitakan sebelumnya, manajemen rest area KM 57 sempat memberlakukan sistem buka tutup dan batas waktu singgah 20 menit.

Baca juga: Kendaraan di Bahu Jalan dan Antre Masuk Rest Area Jadi Biang Macet

Willy AP, manajer SPBU rest area Km 57 mengatakan, aturan tersebut bersifat situasional, artinya dapat berubah kapan saja, sesuai dengan kondisi.

"Aturan itu situasional saja, bisa kapan aja berubah," ujar Willy kepada Tribunnews.com.

Sebelumnya diberitakan, Jasa Marga memberlakukan kebijakan ganjil genap dan one way arah Semarang di jalan tol Jakarta-Cikampek dan seterusnya, Kamis (28/4/2022).

Baca juga: Ardhi Bawa Anak dan Istri Naik Motor 12 Jam sambil Hujan-hujanan Demi Mudik Lebaran ke Lampung

Baca juga: Ahmed Zaki Iskandar Lepas 200 Driver Mitra Traveloka Mudik Lebaran Gratis

Kebijakan tersebut dilakukan atas diskresi kepolisian mulai dari Km 47 sampai dengan Km 414 (Gerbang Tol Kalikangkung/Semarang) atau sejauh 361 km. Kebijakan ini dimulai pukul 17.00 WIB dan diberlakukan secara situasional.

"Untuk lalu lintas kendaraan menuju Jakarta akan dialihkan melalui jalan arteri," ujar Marketing and Communication Department HeadJasamarga Transjawa Tollroad Regional Division Tody Satria dalam rilis pers, Kamis (28/4/2022).

Oleh sebab itu, Jasa Marga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mengantisipasi perjalanan dan memastikan kendaraan dalam keadaan prima.

Baca juga: Senangnya Selly Boyong Keluarga Mudik ke Bangka Belitung, Kompak Kenakan Seragam Berwarna Kuning

Tak hanya itu, perlu juga memastikan kecukupan saldo uang elektronik, mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan, serta membawa bekal untuk menghindari kerumunan atau kepadatan di rest area.

"Selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan," katanya.

Seperti diketahui, kebijakan ganjil genap maupun one way ini akan diterapkan selama arus mudik maupun dan balik Lebaran 2022 yaitu periode 28 April hingga 9 Mei 2022. (*)

 

Sumber: Tribunnews.com

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved