Idul Fitri

509 Personel Gabungan Dikerahkan Polda Banten Antisipasi Lonjakan Pengunjung Wisata Anyer

Sebanyak 509 personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan kawasan wisata Anyer, Banten, yang dipadati pengunjung.

Tribun Tangerang/Gilbert Sem Sandro
Sebanyak 509 personel gabungan dikerahkan Polda Banten untuk antisipasi lonjakan pengunjung kawasan Wisata Anyer, Selasa (3/5/2022) 

TRIBUNTANGERANG.COM, ANYER - Sebanyak 509 personel gabungan Polda Banten, Polres Cilegon, Badan SAR Nasional, serta Dinas Perhubungan Kota Cilegon dikerahkan untuk mengamankan kawasan wisata Anyer, Banten.

Dirlantas Polda Banten, Kombes Pol Budi Mulyanto mengatakan, ratusan personel tersebut diturunkan untuk memastikan aktivitas pengunjung kawasan wisata.

Menurut dia, di kawasan wisata Anyer diprediksi akan mengalami lonjakan pada H+2 Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Fokus pelayanan kami ini pada kegiatan masyarakat yang akan berwisata di Kawasan Anyer, Carita, Labuan hingga Tanjung Lesung," ujar Budi Mulyanto dikutip dari keterangan pers, Selasa (3/5/2022).

"Aktivitas masyarakat pada H+2 Lebaran 2022 ini diperkirakan akan meningkat, oleh karena itu perlu diantisipasi pada jalur utama dan jalur alternatif ke kawasan wisata Anyer," ujarnya.

Budi menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan tiga skenario rekayasa arus lalu lintas di jalur menuju destinasi wisata alam itu.

Baca juga: Warga Menikmati Pulau Cangkir Kronjo Kabupaten Tangerang saat Hari Kedua Lebaran

Baca juga: Hari Kedua Lebaran, Taman Margasatwa Ragunan Dipadati Pengunjung

Sebanyak 509 personel gabungan dikerahkan Polda Banten untuk antisipasi lonjakan pengunjung kawasan Wisata Anyer, Selasa (3/5/2022)
Sebanyak 509 personel gabungan dikerahkan Polda Banten untuk antisipasi lonjakan pengunjung kawasan Wisata Anyer, Selasa (3/5/2022) (Tribun Tangerang/Gilbert Sem Sandro)

Tiga skenario rekayasa arus lalu lintas yakni personel yang bertugas akan melakukan pengaturan seperti biasa hanya saat situasi hijau ketika arus lalu lintas berlangsung normal.

Saat situasi kuning atau terdapat antrean kendaraan, maka pihaknya akan memberlakukan sistem one way traffic

Lalu apabila dalam situasi merah, rekayasa lalu lintas yang akan dilakukan menerapkan sistem buka tutup jalur dan one way traffic

"Situasi di lapangan tentu sangat dinamis, tiap personel harus paham cara bertindak pada check point masing-masing dengan orientasi solusi pada kelancaran arus lalin," kata dia.

Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Shinto Silitonga menambahkan, masyarakat hanya diizinkan beraktivitas pada area pantai hingga pukul 17.00 WIB.

Selebihnya, aktivitas pengunjung hanya diizinkan pada area hotel, villa, atau tempat penginapan  pengunjung.

Hal tersebut dilakukan untuk menghindari lonjakan pengunjung kawasan wisata Anyer pada malam hari.

"Waktu aktivitas masyarakat ini menjadi atensi dari kami Polda Banten, jadi masyarakat paling lama beraktivitas di area pantai hanya sampai pukul 17.00 WIB."

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved