Haji

Pemerintah Saudi Beri Kuota Haji Indonesia 48 Persen dan yang Berusia Dibawah 65 Tahun

Kuota Haji Indonesia Hanya 48 Persen yang Diizinkan, Nur Azizah Sebut Komisi 8 Tengah Negosiasi

AFP
Pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah mengumumkan bahwa membuka pelaksanaan haji domestik dan luar negeri pada tahun 1443H/2022. 

TRIBUNTANGERANG.COM, DEPOK - Pemerintah Arab Saudi akhirnya membuka kembali pelaksanaan ibadah Haji tahun ini.

kebijakan ini pun juga berlaku untuk Indonesia.

Setelah dua tahun sebelumnya para jamaah tanah air terpaksa menelan kenyataan untuk menunda keberangkatan lantaran ditutupnya ibadah Haji untuk Indonesia.

Namun demikian, dengan situasi yang masih pandemi Covid-19, Pemerintah Arab Saudi membatasi jumlah jamaah Haji seluruh dunia, yakni hanya untuk 1 juta jamaah dari seluruh negara.

Baca juga: Kemenag Bantah Hoaks Dana Haji Dipakai untuk Bangun IKN, Siap Tempuh Jalur Hukum

Anggota DPR RI Komisi 8 Nur Aziza Tamhid, B.A., M.A., yang membawahi Kementerian Agama mengatakan, tahun ini para jamaah Haji Indonesia bisa menjadi tamu Allah SWT, walaupun masih status pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah Pemerintah Arab Saudi sudah memerbolehkan ibadah Haji. Hanya saja memang dibatasi,"papar Nur Azizah dalam Forum Group Discussion (FGD) Strategi Pengelolaan Keuangan Haji dan Sosialisasi BPIH 1443 H di Hotel Savero, Jalan Margonda Raya, Beji, Kota Depok, Jumat (13/5/2022).

"Untuk Indonesia sendiri jamaahnya hanya diperbolehkan 48 persen dari total kuota yang dimiliki, artinya sekitar 100.000an jamaah saja dari total 221.000 lebih kuota yang kita miliki,” imbuhnya.

Meski begitu, Nur Azizah berharap keputusan Pemerintah Arab Saudi ini dapat menjadi Pelepas rindu para jamaah yang sudah tidak sabar untuk beribadah di Tanah Suci setelah tertunda akibat pandemi Covid-19.

Baca juga: Keppres Biaya Haji 2022 Resmi Ditetapkan, Ini Besaran per Embarkasi

“Yang diberangkatkan nanti itu adalah jamaah Haji yang gagal berangkat pada 2020 lalu, namun memang tidak semuanya karena ya itu tadi adanya pembatasan kuota karena pandemi,” ujarnya.

Tak hanya membatasi jumlah kuota, Pemerintah Arab Saudi juga dikatakan Nur Azizah turut membatasi usia para jamaah yang akan beribadah Haji tahun ini.

Halaman
12
Sumber: Tribun depok
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved