Wisata

Pameran Bonsai Nasional di Alun-Alun Kota Bogor Berlangsung 11-23 Juli 2022

Pembukaan festival bonsai ini diresmikan istri Plh Wali Kota Bogor Yantie Rachim dengan melakukan penanaman pohon bonsai di Alun-alun Kota Bogor.

Penulis: Cahya Nugraha | Editor: Intan Ungaling Dian
Istimewa/Dok Pemkot Bogor
Istri Plh Wali Kota Bogor Yantie Rachim saat meresmikan pameran Nasional bertajuk Buitenzorg Bonsai Festival di Alun-alun Kota Bogor. 

TRIBUNTANGERANG.COM, BOGOR -  Pameran bonsai mulai digelar di alun-alun Kota Bogor, Jalan Kapten Muslihat, Kota Bogor, Senin (11/7/2022).

Kegiatan pameran tanaman bonsai itu diadakan oleh Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Kota Bogor bertema 'Nasional Buitenzorg Bonsai Festival.

Rencananya, Festival Bonsai diadakan selama dua minggu hingga 23 Juli 2022 mendatang.

Pembukaan festival bonsai ini diresmikan istri Plh Wali Kota Bogor Yantie Rachim dengan melakukan penanaman pohon bonsai di Alun-alun Kota Bogor.

"Saya mengapresiasi atas kerjasama dan sinergi yang sangat baik antara penyelenggara yakni PPBI Cabang Kota Bogor dengan dinas terkait."

"Semoga pohon yang tadi ditanam bisa tumbuh subur dan menambah keindahan serta keasrian Alun-Alun Kota Bogor," kata Yantie Rachim saat meresmikan Festival Bonsai.

Baca juga: Planimals Exhibition di Summarecon Mall Bekasi untuk Pencinta Hewan dan Tanaman Hias

Baca juga: Kiat Berbisnis Tanaman Hias Toko Bunga Bumi Flora Kota Tangerang saat Pandemi Covid-19

Yantie Rachim yang juga Ketua Jabar Bergerak Kota Bogor ini mengatakan, acara nasional ini tepat dipadupadankan dengan melibatkan pegiat UMKM dan komunitas seni dan budaya di Kota Bogor. 

Hal ini sejalan dengan visi misi Jabar Bergerak Kota Bogor yakni  kolaborasi antara masyarakat mandiri dengan pemerintah dalam berbagai bidang.

"Mulai dari lingkungan hidup, keagamaan, pendidikan, pemberdayaan ekonomi, kesehatan, dan sosial budaya. Apalagi dua tahun kita mengalami situasi sulit akibat dampak pandemi Covid-19," tuturnya.

Yantie menuturkan,  pembukaan bazar UMKM memperlihatkan antusias dan semangat peserta UMKM yang didominasi perempuan.

Mereka berharap, produk   kuliner, kerajinan tangan, tanaman hias dan lainnya bisa laku demi menambah pendapatan keluarga.

"Saya mengajak untuk memanfaatkan Alun-Alun Kota Bogor dengan baik bukan hanya sebagai sarana rekreasi, olahraga dan tempat interaksi sosial."

"Tapi tempat menyelenggarakan event nasional, berkolaborasi dengan UMKM dan pihak swasta sebagai sponsor agar dapat dikemas secara menarik dan kreatif," ujarnya.

Baca juga: Di Kampung Ini Tanaman Anggur Tumbuh Subur, Termasuk Anggur Ukraina

Baca juga: Tidak Hanya Untuk Menyuburkan Tanaman, Abu Vulkanik juga Atasi Masalah Kulit Wajah

Sementara itu, Plh Wali Kota Bogor sekaligus pembina Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Dedie A Rachim berharap, penggemar bonsai di Indonesia turut hadir ke Alun-alun Kota Bogor.

"Saya mengundang penggemar bonsai di seluruh Indonesia untuk hadir di kota Bogor dalam acara Buitenzorg Bonsai Festival," ucap Dedie. 

Dedie menambahkan,  Festival Bonsai ini merupakan rangkaian kegiatan dalam memperingati HUT ke-540 Kota Bogor.

"Saya Tunggu kedatangan Anda di kota Bogor karena bonsai yang ditampilkan adalah bonsai dari seluruh Indonesia," ucap Dedie A Rachim.
 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved