Layanan Antigen di Stasiun

Persyaratan Perjalanan KA Jarak Jauh Diubah, Enam Stasiun ini Sediakan Layanan Antigen

Stasiun Karawang dan Cikampek menyediakan layanan antigen bagi penumpang perjalanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ).

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Lilis Setyaningsih
istimewa
Mulai 15 Juli, PT KAI Sediakan Layanan Vaksinasi Covid-19 di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir 

TRIBUNTANGERANG.COM, KARAWANG ----- Stasiun Karawang dan Cikampek menyediakan layanan antigen bagi penumpang perjalanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ).

Layanan antigen itu disediakan menyusul aturan baru persyaratan perjalanan KA jarak jauh.

Hal ini mengacu pada SE Kementerian Perhubungan Nomor 72 Tahun 2022 dimana pelanggan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) termasuk untuk dari area Daop 1 Jakarta penumpang usia diatas 17 tahun yang belum mendapatkan vaksinasi ketiga (booster) wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen yang masih berlaku pada saat boarding.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa menerangkan, untuk mendukung seluruh kebijakan pemerintah pada perjalanan KA yang aman dan sehat di masa pandemi Covid-19 maka Daop 1 Jakarta juga menyediakan layanan antigen di Stasiun.

Sebelumnya layanan antigen telah tersedia di Stasiun Gambir dan Pasar senen, namun sebagai bentuk peningkatan layanan serta memudahkan penumpang untuk memenuhi persyaratan demi perjalanan KA yang sehat dan aman maka mulai Minggu 17 Juli 2022 Daop 1 Jakarta menambah 4 lokasi layanan antigen di Stasiun Bekasi, Cikarang, Karawang dan Cikampek.

"Layanan terbaru dilakukan di Stasiun Karawang dan Stasiun Cikampek," kata Eva.

Dikatakannya, masyarakat khususnya calon pengguna yang akan melakukan antigen di stasiun wajib menunjukkan bukti transaksi tiket dan membawa kartu identitas seperti KTP.

Baca juga: Pelaku Pelecehan Seksual di KRL Telah Diidentifikasi PT KAI, Petugas di Gerbong Kereta Lebih Aktif

Baca juga: Mulai 17 Juli 2022 Pengguna Kereta Jarak Jauh Wajib PCR dan Rapid Test Antigen, Segini Harganya

Adapun layanan antigen di stasiun memiliki tarif Rp 35.000,- dan untuk perjalanan KA bukti antigen berlaku 1x24 jam.

"Jika pada saat melakukan pemeriksaan di stasiun penumpang memiliki hasil positif maka tidak diperkenankan untuk melanjutkan perjalanan dan bea tiket akan dikembalikan 100 persen secara tunai. Proses pengembalian akan dibantu oleh petugas," ungkapnya.

Eva menambahkan, bagi calon penumpang yang akan melakukan antigen di stasiun pada hari yang sama dengan jadwal keberangkatan KA disarankan agar dapat mengatur waktu keberangkatan menuju stasiun untuk menghindari resiko tertinggal KA, mengingat proses antigen membutuhkan waktu.

Halaman
12
Sumber: Tribun bekasi
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved