HUT ke 77 RI

Kebun Raya Bogor Gelar Festival Pencak Silat pada  19-21 Agustus 2022

Dalam rangka memperingati HUT RI ke 77, Kebun Raya Bogor akan menyelenggarakan Festival Pencak Silat Seni Tradisi Kebun Raya Bogor Cup I

Penulis: Cahya Nugraha | Editor: Lilis Setyaningsih
Tribun Tangerang/Cahya Nugraha
IPSI Bogor dan Jawa Barat menggelar technical meeting, mendekati festival pencak silat seni tradisi Kebun Raya Bogor Cup I 

TRIBUNTANGERANG.COM, BOGOR -- Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77, Kebun Raya Bogor akan menyelenggarakan Festival Pencak Silat Seni Tradisi Kebun Raya Bogor Cup I.

Kegiatan ini sebagai bentuk komitmen Kebun Raya dalam upaya melestarikan Pencak Silat sebagai Budaya Bangsa.

Pembukaan turnamen akan digelar selama tiga hari, di Taman Reindwart (Ecodome) mulai dari tanggal 19-21 Agustus 2022 untuk memperebutkan Piala Bergilir Kebun Raya Bogor.

Festival ini merupakan pertama kalinya di adakan oleh Kebun Raya Bogor dan rencananya akan dihadiri oleh Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI), Prabowo Subianto.

"Pencak Silat adalah seni bela diri asli Indonesia yang telah diakui dunia, olahraga pencak silat harus terus dilestarikan sebab melestarikan pencak silat sama dengan merawat budaya bangsa" ucap General Manager Corporate Communication Kebun Raya, Zaenal Arifin. 

Bang Zae sapaan akrabnya menuturkan bahwa Gelaran Festival Pencak Silat Seni Tradisi Kebun Raya Bogor Cup I nantinya akan diadakan setiap tahun secara rutin. 

Selain menjadi ajang kompetisi bagi para pesilat juga diharapkan dapat melahirkan pesilat-pesilat terbaik yang dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah Internasional.

Baca juga: Pada HUT RI, Udara Istana Negara Akan Dikepung Pesawat Tempur dengan Bentuk Formasi 77

Baca juga: Komunitas Sepeda Dutago Gelar Gowes Sejauh 77 Km Peringati HUT RI, Pesertanya ada Berusia 72 Tahun

Selain festival pencak silat, selama bulan Agustus, Pemerintah Kota Bogor (Pemkot) menggelar Festival Merah Putih (FMP) diantaranya, menggelar upacara bendera yang dilaksanakan selama satu bulan penuh. 

Kegiatan ini di pusatkan di Tugu Kujang yang menjadi Ikon Kota Bogor, Jawa Barat, melibatkan seluruh elemen masyarakat dan pengguna jalan yang melintasi di jalur tersebut.

"Dalam rangka memeriahkan HUT RI yang ke-77 Kota Bogor dianggap sebagai kota pertama yang selama satu bulan penuh mengibarkan bendera merah putih. Tugu Kujang dipilih sebagai tempatnya. Jadi bukan hanya sebagai penguatan nasionalisme, namun juga wisatanya," ucap Wali Kota Bogor, Bima Arya. 

Sedikitnya ada 18 rangkaian kegiatan di FMP yang mana puncaknya arak-arakan bendera merah putih sepanjang 100 meter dan lebar enam meter. (M33) 

 

 

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved