Kasus Cacar Monyet

RSUD Kota Tangerang Disiapkan Sebagai Tempat Karantina Apabila Ditemukan Kasus Cacar Monyet

RSUD Kota Tangerang Disiapkan Sebagai Tempat Karantina Apabila Ditemukan Kasus cacar monyet di wilayah Kota Tangerang

Tribun Tangerang/Gilbert Sem Sandro
Dinas Kesehatan Kota Tangerang menyiapkan RSUD Kota Tangerang sebagai tempat karantina bila ada kasus cacar monyet di wilayah Kota Tangerang 

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGERANG -- Kasus cacar monyet atau monkeypox pertama di Indonesia ditemukan pada Sabtu (20/8/2022) lalu.

Kementerian Kesehatan RI mengkonfirmasi kasus pertama cacar monyet tersebut berasal dari seorang laki-laki berusia 27 tahun dari DKI Jakarta yang memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri.

Dinas Kesehatan Kota Tangerang pun menanggapi temuan pertama kasus cacar monyet tersebut.


Hal tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) nomor 443/5481-Dinkes/VIII/2022, tentang kewaspadaan tehadap penyakit cacar monyet di Kota Tangerang. 

"Pasca ditemukannya kasus monkeypox atau cacar monyet pertama di Indonesia, Dinas Kesehatan Kota Tangerang segera melakukan langkah cepat, dengan mengeluarkan SE tentang waspada akan penyakit cacar monyet di masyarakat," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, dr Dini Anggraeni kepada awak media, Kamis (25/8/2022).

Selain itu, Dinkes Kota Tangerang telah mengintruksikan seluruh fasilitas kesehatan, seperti Rumah Sakit (RS), Puskesmas, untuk meningkatkan kewaspadaan. 

Seperti melalui pengamatan dan deteksi dini yang sesuai dengan operasional cacar monyet, tata laksana serta pemeriksaan laboratorium berdasarkan pedoman. 

Baca juga: Seorang Wanita di Cilegon Diduga Terpapar Cacar Monyet, Masyarakat Diimbau Waspada

Menurut Dini, hal itu dilakukan guna meningkatkan kewaspadaan seluruh elemen masyarakat akan penyebaran kasus cacar monyet.

"Seluruh fasilitas kesehatan juga diintruksikan untuk menyebarluaskan informasi atau mengedukasi tentang cacar monyet kepada masyarakat luas," kata dia.

"Walau kini masih belum ditemukan kasus, seluruh pihak baik Pemerintah, fasilitas kesehatan hingga seluruh masyarakat harus sama-sama melakukan kewaspadaan," imbuhnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved