Tangerang Raya

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar Minta Camat Curug Perbaharui Data Warga Miskin

Menurut Ahmed Zaki Iskandar, dampak sosial akibat kenaikan BBM harus segera ditangani bersama sehingga meminimalisir kerawanan sosial.

Istimewa/Dok Humas Pemkab Tangerang
Ahmad Zaki Iskandar saat di halaman kantor Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang, minta Camat Curug dan jajarannya agar melakukan pendataan akurat terhadap warga miskin, Senin (5/9/2022). 

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGERANG - Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar minta Camat curug memperbarui data warga miskin di wilayahnya.

Perbaikan data orang miskin itu terkait kenaikan bahan bakar minyak (BBM) yang membawa dampak sosial.

Menurut Ahmed Zaki Iskandar, dampak sosial akibat kenaikan BBM harus segera ditangani bersama sehingga meminimalisir kerawanan sosial.

"Pendataan masyarakat miskin terutama masyarakat miskin ekstrem yang ada di Kecamatan Curug harus dilakukan," kata Ahmed Zaki Iskandar di kantor Kecamatan Curug, Senin (5/9/20220.

"Benar-benar harus detail datanya agar nanti masyarakat yang wajib mendapatkan bantuan adalah masyarakat yang sudah terdata pemerintah dan tepat sasaran," ujarnya lagi.

Dia menambahkan, kondisi masyarakat sekitar wajib dipantau terkait  dampak sosial kenaikan BBM dan dilakukan penceghan dini.

Pendataan bagi masyarakat kategori masyarakat miskin, terutama masyarakat miskin ekstrem mendesak untuk dilakukan.

Zaki-sapaan Ahmed Zaki Iskandar-menambahkan, data akurat penting disediakan perangkat desa, kelurahan dan kecamatan agar tidak ada data simpang siur yang bisa menimbulkan kekacauan.

"Jadi sekali lagi mohon untuk Pak Camat beserta seluruh perangkat di bawahnya, ayo mari sama-sama kita terus lakukan pembenahan di kecamatan," kata Zaki.

Kenaikan BBM, kata dia, bisa berpengaruh terhadap sektor lain.

Pemerintah pusat tidak bisa memberikan subsidi besar dan terus menerus untuk membantu menekan harga BBM. 

Alasannya, bisa membebani anggaran pendapatan dan belanja negara dan berimbas pada pelaksanaan pembangunan. Apalagi dalam dua tahun ini dihantam pandemi Covid-19.

"Jadi kenaikan BBM ini pasti akan berdampak kepada urusan-urusan yang lain nanti apalagi di Kecamatan Curug."

"Pabrik, gudang sangat banyak sekali. Semua perangkat itu bisa dimanfaatkan untuk saling bahu membahu membantu," ucap Ahmed Zaki Iskandar.

Baca juga: Mengentaskan Kemiskinan Anak-anak Pemulung di Bantar Gebang Lewat Pendidikan

Baca juga: Bantuan Langsung Tunai Tahun 2023 Bakal Fokus untuk Warga Miskin Ekstrem

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved