SNBT

Tes Mata Pelajaran di SBMPTN akan Dihapus, Penggantinya Tes Skolastik

Mendibuk Ristes Nadiem Makarim telah mengumumkan penghapusan tes mata pelajaran pada SBMPTN dan sebagai gantinya adalah tes skolastik.

Penulis: Ign Prayoga | Editor: Ign Prayoga
Youtube Kemendikbud
Mendikbudristek, Nadiem Makarim. Baru-baru ini Nadiem mengumumkan penghapusan tes mata pelajaran pada SBMPTN. 

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGERANG - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2023 bakal berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

SBMPTN yang akan datang meniadakan tes mata pelajaran.

Keputusan menghapus tes mata pelajaran pada SBMPTN diumumkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim di Jakarta, 7 September 2022.

"Tidak ada lagi tes mata pelajaran. Sekali lagi, tidak ada lagi tes yang spesifik ke setiap mata pelajaran," kata Nadiem dalam program Merdeka Belajar episode 22 yang ditayangkan YouTube Kemendikbud RI.

Nadiem menjelaskan, tes mata pelajaran di SBMPTN akan diganti dengan tes skolastik.

Video Pembangunan Kampus Perguruan Tinggi di Tangerang:

Menurutnya, tes skolastik mampu mengukur kemampuan nalar siswa, kemampuan potensi kognitif, logika, penalaran matematika, literasi dalam Bahasa Indonesia dan literasi dalam Bahasa Inggris.

"Kami harap ini akan menjadi kabar yang sangat gembira bagi para calon-calon pengambil seleksi nasional berdasarkan tes," ujar Nadiem.

Nadiem menerangkan, tes skolastik tidak berhubungan dengan penghafalan materi sebagaimana tes mata pelajaran.

Tes skolastik berhubungan dengan kemampuan bernalar, pemecahan masalah atau problem solving, dan potensi kognitif siswa.

Soal-soal yang berkaitan dengan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dalam tes skolastik pun bukan terkait teknik gramatikal, melainkan kemampuan memahami logika teks.

Nadiem yakin, peserta seleksi perguruan tinggi nantinya tidak akan terkejut dengan jenis pertanyaan dalam tes skolastik lantaran soal-soal tes tersebut mirip dengan asesmen nasional yang sudah dijalani para siswa.

"Jadi semua pertanyaannya adalah mengenai mengerti logika dan bisa menganalisa suatu problem yang kontekstual," kata Nadiem.

Keputusan Nadiem menghapus tes mata pelajaran di jalur SBMPTN bukan tanpa alasan. Dia mengungkapkan, tes SBMPTN umumnya mengujikan banyak sekali materi dari berbagai mata pelajaran.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved