Berita Bekasi

Penipuan Penjualan Paket Set Top Box yang Diganti Sabun Colek Marak, Polisi masih Buru Pelaku

Polisi buru penjual online yang tipu Pembeli. Satu Kurir dapati 83 paket Set top box diganti sabun colek

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Lilis Setyaningsih
Tribun Tangerang/Rangga Baskoro
Polisi saat mendatangi kantor penyedia jasa pengiriman paket di Jalan Raya Pilar Sukatani, Desa Karang Sentosa, Kecamatan Karangbahagia, Kabupaten Bekasi. 

TRIBUNTANGERANG.COM, BEKASI -- Ibarat pepatah memancing di air keruh, yakni mencari keuntungan dalam keadaan yang sedang kacau.

Sejak pergantian TV digital keberadaan set top box sedang dicari banyak orang. 

Berbondong-bondong orang mencari set top box agar televisi analognya kembali bisa menangkap gambar. 

Sayangnya segelintir orang memanfaatkan kondisi tersebut untuk mencari keuntungan.

Tidak sedikit warga yang terpaksa membeli online untuk mendapatkan set top box. Apalagi harganya terbilang lebih 'miring' langsung saja tertarik.

Namun bukan set top box yang didapat tapi ditukar dengan benda lain seperti garam dapur atau sabun colek.

Polsek Cikarang Utara mendatangi kantor penyedia jasa pengiriman paket di Jalan Raya Pilar Sukatani, Desa Karang Sentosa, Kecamatan Karangbahagia, Kabupaten Bekasi, Sabtu (12/11/2022) lalu.

Kapolsek Cikarang Utara, Kompol Mustakim mengatakan kedatangannya ke lokasi tersebut untuk menindaklajuti laporan dari kurir ekspedisi terkait penipuan berkedok penjualan Set Top Box (STB) kepada puluhan pembeli di Kabupaten Bekasi.

"Awlanya kami dapat laporan dari kurir. Karena dia curiga paket Set Top Box isinya sangat ringan, paket tersebut dibuka. Ternyata isinya malah sabun colek," kata Mustakim saat dikonfirmasi, Senin (14/11/2022).

Mustakim menceritakan penjual sempat mendatangi kantor tersebut untuk mengantarkan paket-paket pembeli pada Jumat (11/11/2022) lalu, sekira pukul 15.00 WIB.

"Terduga pelaku mendatangi kantor di Karangsetia, untuk mengirimkan paket sebanyak 83 buah. Paket dimasukkan dalam karung plastik berwarna hitam, sebanyak enam karung," ujarnya.

Dikarenakan curiga lantaran paket tersebut amat ringan saat diangkat, karyawan itu membuka beberapa paket sambil merekamnya. Benar saja, isi paket ternyata bukan Set Top Box, melainkan sabun colek.

"Setelah dibuka ternyata isi dalam paket tersebut, bukanlah Set Top Box, melainkan sebuah sabun colek, dan karyawan langsung melaporkan kejadian tersebut kepada Kepolisian," kata Mustakim.

Ia mengatakan telah mencoba melacak akun penjual pada aplikasi penyedia jasa layanan jual beli online. Ketika dicek, akun tersebut telah dihapus.

Baca juga: Hati-hati, Penipuan Belanja Online Set Top Box, ada yang Dikirim Paket Isi Garam dan Sabun Colek

Baca juga: Warga Ciputat Antusias Ambil Set Top Box TV Digital Gratis dari Kelurahan Ciputat

Mustakim menambahkan kini polisi tengah memburu keberadaan pelaku yang melakukan penipuan berkedok jual beli Set Top Box.

"Pelaku membuka toko belanja online dengan memakai akun "nicsan coleksion" tetapi, akun tersebut sudah dihapus oleh pelaku, karena pelaku menggunakan akun palsu, dan kini pihak kami sedang melakukan penyelidikan lebih lanjut," jelas Mustakim. (abs)

Sumber: Tribun bekasi
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved