Panglima TNI

Laksamana Yudo Margono, Calon Panglima TNI Memiliki Kekayaan Rp 17,97 Miliar

Sebagai pejabat TNI, Laksamana Yudo Margono wajib menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelengara Negara (LHKPN).

Penulis: Ign Prayoga | Editor: Ign Prayoga
Surya/Ahmad Zaimul Haq
KSAL Laksamana TNI Yudo Margono menghadiri upacara Prasetya Perwira Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) di Lapangan Laut Maluku, Kodiklatal di Kota Surabaya, Jawa Timur, Oktober 2022. 

TRIBUNTANGERANG.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengajukan nama Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono sebagai calon tunggal Panglima TNI untuk menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang memasuki masa pensiun pada 21 Desember 2022.

Berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, syarat untuk menjadi Panglima TNI adalah tengah menduduki atau pernah menjabat sebagai kepala staf angkatan.

Saat ini hanya ada tiga kandidat calon Panglima TNI yaitu Laksamana Yudo Margono, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman, serta Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo.

"Dalam hal ini, Presiden memilih calon dari KSAL," kata Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Selasa (29/11/2022).

Pratikno menilai satu di antara pertimbangan Presiden Joko Widodo memilih Laksamana Yudo Margono sebagai calon tunggal Panglima TNI adalah rotasi matra.

"Saya kira itu salah satu pertimbangannya," ungkap Pratikno

Saat ini, Panglima TNI adalah Jenderal Andika Perkasa. Andika dilantik menjadi Panglima TNI setelah beberapa tahun menjabat sebagai KSAD. Andika menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang sebelumnya KSAU.

Penunjukan Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI tertuang dalam surat presiden (surpres) yang diserahkan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno kepada Ketua DPR Puan Maharani, Senin (28/11/2022).

Sebagai pejabat TNI, Yudo Margono wajib menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelengara Negara (LHKPN).

Berikut ini total harta kekayaan Yudo Margono dikutip dari laman elhkpn.kpk.go.id pada Selasa (29/11/2022). Dalam dokumen tersebut, Yudo memiliki harga senilai Rp 17,97 miliar, tepatnya Rp 17.970.088.086.

LHKPN itu dilaporkan Yudo Margono pada Maret 2022 untuk tahun periodik 2021.

Harta Yudo Margono terbanyak berupa tanah dan bangunan yang tersebar di wilayah Sidoarjo, Surabaya, Sorong, Bekasi, Bogor, Madiun, Tangerang, dan Cirebon.

Baca juga: Prajurit TNI AU yang Tewas Dianiaya Senior Diautopsi di Tangerang

Total harta tidak bergerak milik Yudo Margono itu mencapai Rp 10 miliar, tepatnya Rp 10.450.959.000.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved