Imlek

Cegah Macet, Vihara Boen San Bio Tangerang Sediakan Kantong Parkir dan Jamin Tak Ada Pengemis

Vihara Nimmala Boen San Bio di Jalan KS Tubun, Kota Tangerang, Banten, menyiapkan enam kantong parkir kendaraan

Penulis: Gilbert Sem Sandro | Editor: Ign Prayoga
Tribun Tangerang/Gilbert Sem Sandro
Ketua Umum Yayasan Vihara Nimmala Boen San Bio, Yuliyu mengatakan, masyarakat yang akan beribadah saat malam Tahun Baru Imlek diperkirakan mencapai 1.200 orang. 

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGERANG - Vihara Nimmala Boen San Bio di Jalan KS Tubun, Kota Tangerang, Banten, menyiapkan enam kantong parkir kendaraan selama perayaan Imlek 2574 Kongzili, akhir pekan ini.

Pengurus vihara memperkirakan, pada malam Tahun Baru Imlek 2023 tahun ini, Vihara Nimmala Boen San Bio jumlah pengunjung mencapai 1.200 orang.

Ketua Umum Yayasan Vihara Nimmala Boen San Bio, Yuliyu mengatakan, dua dari enam kantong parkir tersebut berlokasi di dekat vihara. Sementara empat kantong parkir lainnya berlokasi di sekitar Vihara Boen San Bio.

"Kita sediakan enam kantong parkir kendaraan untuk ibadah Tahun Baru Imlek nanti, dua berlokasi di halaman dan juga tanah kosong seberang Vihara Nimmala ini," ujar Yuliyu saat diwawancarai TribunTangerang, Rabu (18/1/2023).

"Untuk empat kantong parkirnya yaitu berada di area SDN 01 Pasar Baru, Pura Kerta Jaya, dan Gedung Cisadane," imbuhnya.

Yuliyu pun mengimbau kepada umat untuk tidak memarkir kendaraan, roda empat mobil ataupun roda dua motor, di tepi Jalan KS Tubun, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang.

Hal itu dilakukan, guna mengantisipasi terjadinya kemacetan lalu lintas saat malam dan hari raya Imlek di sekitar vihara.

"Jadi diharapkan, umat yang datang beribadah saat peringatan Imlek nanti, dapat memperhatikan lokasi berhenti dan parkir kendaraannya," katanya.

Selain itu, guna memastikan tidak terjadinya hambatan arus lalu lintas saat perayaan Imlek yang jatuh pada Minggu (22/1/2023) mendatang, area vihara dipastikan bebas dari pengemis.

Di banyak lokasi, perayaan Hari Raya Imlek kerap dimanfaatkan oleh beberapa orang, untuk mengais rezeki, salah satunya mengemis kepada umat Tionghoa yang selesai beribadah.

"Kami pastikan, untuk peringatan Imlek tahun 2023, Vihara Nimmala akan disterilkan dari pengemis. Bukannya tidak ingin berbagi ya, tapi itu dilakukan supaya perayaan Imlek berjalan kondusif," terangnya.

Guna memastikan hal tersebut terlaksana, pengurus vihara telah berkoordinasi dengan aparat keamanan, yakni Polres Metro Tangerang Kota, Kodim 05/06 dan Satpol PP Kota Tangerang.

"Kami sudah berdiskusi dengan pihak TNI-Polri, untuk memastikan tahun ini kita tidak ada pengemis di area depan vihara," ungkapnya.

Ribuan umat Buddha tersebut akan datang beribadah ke Vihara Boen San Bio mulai malam Tahun Baru Imlek, yakni Sabtu (21/1/2023) sore hingga Hari Raya Imlek Minggu (22/1/2023).

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved