Breaking News:

Kabupaten Tangerang

HUT ke- 389, Pemkab Tangerang Gelar Acara Gerbang Mapan Menuju Pesisir Sejahtera

Selain kawasan perumahan pemukiman nanti juga akan dibangun pasar ikan, tempat kuliner dan koperasi yang sudah berjalan akan dikembangkan.

Penulis: Andika Panduwinata | Editor: Mohamad Yusuf
Wartakotalive.com/Andika Panduwinata
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menjelaskan kegiatan Gerbang Mapan menuju Pesisir Sejahtera di Ketapang Aquaculture Kecamatan Mauk, Rabu (13/10/2021) merupakan rangkaian dari peringatan HUT ke-389 tahun Kabupaten Tangerang. 

TRIBUNTANGERANG.COM, MAUK - Dalam rangka peringatan HUT ke- 389 Kabupaten Tangerang, Pemerintah Kabupaten Tangerang menggelar acara Gerbang Mapan menuju Pesisir Sejahtera.

Acara tersebut digelar di Ketapang Aquaculture Kecamatan Mauk, Rabu (13/10/2021).

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menjelaskan kegiatan ini merupakan rangkaian dari peringatan HUT ke-389 tahun Kabupaten Tangerang.

Baca juga: Melihat Efek Samping, Respons Antibodi, dan Efikasi Vaksin Zifivax yang telah Mendapatkan Izin BPOM

Baca juga: TAK LAGI REPOT! Begini Cara Cetak KK, Akta Kelahiran, dan Kependudukan Secara Mandiri

Baca juga: ALHAMDULILLAH, Saudi Arabia Kembali Buka Umrah untuk Jemaah Indonesia, Simak Persyaratannya Berikut

Pelaksanaannya digelar secara sederhana dengan mengusung tema 'Gerbang Mapan Menuju Pesisir Sejahtera.'

Program Gerbang Mapan (Gerakan Membangun Masyarakat Pantai) ini bisa dilihat bukan saja untuk penataan kawasan pemukiman yang dibangun dengan sanitasinya.

Tapi juga untuk perekoniman masyarakat termasuk konversasi lingkungan. 

Di mana di sini juga ada tempat untuk penyemaian, pembibitan dan pembesaran dari mangrove-mangrove yang ada. Begitu juga dengan tambak ikan dan udang.

Lanjutnya ke depan ini masih ada satu tahun lagi program bersama sampai 2022 untuk pembangunan pusat-pusat perekonomiannya.

Selain kawasan perumahan pemukiman nanti juga akan dibangun pasar ikan, tempat kuliner dan koperasi yang sudah berjalan akan dikembangkan.

"Mudah-mudahan ini menjadi percontohan dari program Gerbang Mapan yang seutuhnya, karena di Gerbang Mapan Aquaculture Ketapang Mauk ini masyarakatnya dilakukan pemberdayaan dan juga pembangunan secara layak," ujar Zaki.

Seperti pembangunan rumah layak huni bagi nelayan dan warga sekitar, kawasan konservasi hutan mangrove, kawasan pembibitan dan budidaya udang vaname dan ikan, serta kawasan wisata.

"Jadi masyarakat bisa memanfaatkan banyak dari pembangunan di Ketapang ini," ucapnya.

Sementara itu Soma Atmadja selaku Ketua Pelaksana HUT Kabupaten Tangerang mengungkapkan Gerbang Mapan Menuju Pesisir Sejahtera merupakan momentum kebangkitan upaya pemulihan ekomoni masyarakat pesisir.

"Pada kesempatan yang berbahagia ini kami juga menyampaikan hasil pembangunan di wilayah pesisir dan program gerakan pembangun masyarakat pantai dan berharap hasil pembangunan ini mampu meningkatkan ekonomi masyarakat pesisir lebih sejahtera," kata Soma.

Baca juga: Diapit 3 Jenderal, Gaya Menlu Retno Marsudi Bikin Salah Fokus, Pakai Sepatu Kanan-Kiri Beda Warna

Baca juga: TAK DISANGKA, Uang Ratusan Juta Terkumpul Ketika Penjual Gorengan Bongkar Tabungan dari Ember

Baca juga: Dampak Corona, Pemerintah Jepang Beri Setiap Anak hingga Usia 18 Tahun, Subsidi Uang Rp12,7 Juta

"Dengan momentum peringatan HUT ke-389 dan dengan adanya program Gerbang Mapan menuju pesisir yang lebih sejahtera ini bisa meningkatkan kembali perekonomian masyarakat Kabupaten Tangerang, khususnya di wilayah Ketapang Mauk," sambungnya.

Adapun rangkaian acara gerbang mapan menuju pesisir sejahtera tersebut di antaranya penyerahan bantuan bagi warga sekitar seperti nelayan dan pelaku usaha UMKM di wilayah sekitar, panen udang vaname, peninjauan kawasan konservasi hutan mangrove peninjauan rumah layak huni dan peninjauan tempat pelelangan ikan serta dermaga kapal nelayan. (dik)
 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved