Berita Daerah

Anies Baswedan Imbau Warga Jakarta Waspada Cuaca Ekstrem dalam Sepekan

Gubernur DKI Anies Baswedan mewaspadai cuaca ekstrem yang mungkin terjadi sepekan ini, dan meminta warga ibu kota berhati-hati.

TribunTangerang.com/Ramadhan LQ
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mewanti-wanti warga Jakarta untuk berhati-hati menghadapi cuaca ekstrem sepekan ke depan. 

TRIBU TANGERANG.COM, JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta mengimbau masyarakat Ibu Kota untuk waspadai terhadap cuaca ekstrem sepekan ke depan di DKI Jakarta dengan durasi 31 Oktober sampai 6 November 2021.

Hal tersebut disampaikan melalui laman Instagram resmi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi DKI Jakarta (BPBD DKI) yang turut di repost dalam Instagram Gubernur DKI Jakarta @aniesbaswedan, peringatan ini dibagikan kepada warga, khususnya warga Jakarta.

Pesan Anies Baswedan kepada warga ibu kota.
Pesan Anies Baswedan kepada warga ibu kota. (warta kota/yolanda putri dewanti)

"Waspada Cuaca Ekstrem sepekan ke depan di DKI Jakarta. Durasi: 31 Oktober 2021 sampai sudah 6 November 2021," tulis caption bpbddkijakarta yang dikutip Wartakotalive.com, Senin (1/11/2021).

Berdasarkan keterangan yang terlansir dalam caption, peringatan ini disampaikan berdasarkan hasil analisis kondisi dinamika atmosfer terkini.

Di mana menunjukkan adanya potensi belokan dan perlambatan angin yang dapat meningkatkan pola konvektifitas, diprediksi aktifnya fenomena MJO, aktifnya Gelombang Rossby dan Gelombang Kelvin dan dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan.

"Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan INTENSITAS SEDANG-LEBAT yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang untuk periode 31 Oktober - 06 November 2021 dapat terjadi di wilayah DKI Jakarta," lanjut caption tersebut.

Baca juga: Warga Jabodetabek tak Paham, Polda Metro Jaya Tilang Ribuan Pelanggar Ganjil Genap

Adapun informasi lengkap dapat diketahui warfa dengan mengakses https://signature.bmkg.go.id

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (hujan secara sporadis, lebat dan durasi singkat, disertai petir dan angin kencang, bahkan hujan es) yang dapat berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi," papar caption tersebut.

Kendati demikian, terkait hal ini, warga diimbau untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam mengantisipasi musim penghujan dan bencana banjir. Terutama mereka yang ditinggal di dekat aliran kali.

Imbauan tersebut turut mendapat respon dari warganet. "Terimakasih #bpbddkijakarta sudah mengingatkan," ucap @diahayun30.

Baca juga: Ramalan Zodiak Cinta Senin (1/11), Pisces Bicara Jujur, Leo Bosan, Taurus Terbuka Ungkap Perasaan

"Warga DKI disuruh waspada, Warga Tangerang, Depok, Bekasi disuruh waspada juga," tambah @nur_harlansyah.

Sementara itu, PLN UID Jakarta Raya menyiagakan 2356 personel yang siap melakukan pengamanan kelistrikan menghadapi musim hujan.

Komunikasi dan koordinasi dengan berbagai pihak penanggulangan bencana di DKI Jakarta juga telah dilaksanakan dan secara simbolis ditandai dengan apel siaga menghadapi musim hujan pada tanggal 13 Oktober 2021 yang dipimpin langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Beberapa upaya yang sudah dilaksanakan PLN UID Jakarta Raya dalam menghadapi musim penghujan antara lain pemeliharaan terhadap gardu distribusi listrik pemasok rumah pompa di tempat-tempat penting, meninggikan gardu distribusi listrik di daerah rawan banjir, serta melakukan inspeksi dan pemeliharaan terhadap kabel serta tiang listrik tegangan rendah.

Baca juga: Rachel Vennya tak Lagi Gugup, pada Pemanggilan Kedua Tenang dan Tanpa Body Guard

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved