Virus Corona

Kelelahan Tak Kunjung Hilang Setelah Sembuh dari Covid -19, Bagaimana Mengatasinya?

Bagi para penyintas Covid -19, keinginan untuk pulih sepenuhnya terkadang perlu perjuangan, karena masih mengintainya kondisi post-Covid syndrome

istimewa
Ilustrasi - Para penyintas Covid -19, masih mengintainya kondisi post-Covid syndrome 

TRIBUNTANGERANG.COM - Bagi para penyintas Covid -19, keinginan untuk pulih sepenuhnya terkadang perlu perjuangan, karena masih mengintainya kondisi post-Covid syndrome.

Salah satu gejala yang kerap dirasakan adalah kelelahan (fatigue).

Post-Covid syndrome adalah kumpulan gejala, tanda, dan parameter klinis yang masih dirasakan lebih dari dua minggu sesudah terkena Covid-19

Dan kondisi ini tidak kembali ke keadaan awal sebelum sakit.

Ada lima gejala paling sering terjadi pada penyintas Covid-19, yaitu:

- Kelelahan/fatigue (58 persen)

- Sakit kepala (44 persen)

- Gangguan fokus (27 persen)

- Rambut rontok/hair loss (25 persen)

- Sesak napas (24 persen)

- Gejala lainnya, seperti batuk, perasaan tidak nyaman di dada, gangguan kardiovaskular (aritimia, miokarditis), neurologis (demensia, depresi, gangguan kecemasan, attention disorder, obsessive compulsive disorders).

Baca juga: Antisipasi Penyebaran Covid-19 Selama Libur Nataru, Pemkot Tangerang Lakukan Swab Test Secara Acak

Menurut dr. Hikmat Pramukti, Sp.PD, Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Rumah Sakit Pondok Indah, kelelahan (fatigue) adalah gejala yang paling sering ditemukan pada post-Covid syndrome.

"Beberapa studi menyatakan keluhan ini masih dirasakan penyintas Covid-19, bahkan setelah 100 hari sejak terkena Covid-19," kata dokter Hikmat dalam keterangan persnya diterima Wartakotalive.com.

Ia memaparkan, pada pasien yang sempat mengalami kondisi gangguan paru berat saat terkena Covid-19, seperti acute respiratory distress syndrome (ARDS), dua pertiga dari mereka merasakan keluhan fatigue yang signifikan setelah setahun terkena Covid-19.

Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved