Persiapan Imlek

Makna Kegiatan Cuci Rupang Menjelang Perayaan Imlek 2022 di Vihara Kwan In Tang

Jelang perayaan Tahun Baru Imlek 2022 sejumlah kegiatan ritualitas berlangsung di Vihara Kwan In Tang di Pondok Cabe, Pamulang, Kota Tangerang Selatan

Penulis: Rizki Amana | Editor: Lilis Setyaningsih
Tribun Tangerang/Rizki Amana
Kegiatan cuci rupang di Vihara Kwan In Tang Pondok Cabe Udik, Pamulang, Kota Tangsel pada Rabu (25/1/2022) 

TRIBUNTANGERANG.COM, PAMULANG - Jelang perayaan Tahun Baru Imlek 2022 sejumlah kegiatan ritualitas berlangsung di Vihara Kwan In Tang di Pondok Cabe, Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Kegiatan ritualitas yang telah menjadi tradisi tersebut diantaranya berupa mencuci patung dewa atau yang akrab disebut cuci rupang.

Penasehat Vihara Kwan In Tang, Frankie Sibbald mengatakan kegiatan cuci rupang itu merupakan tradisi yang berlangsung sesuai dengan penanggalan Kalender Lunar. 

Ia mengatakan, sebetulnya kegiatan setiap tahun di setiap tempat ibadah vihara atau kelenteng.

Baca juga: Kisah Angpao Merah Jadi Alat Usir Roh Jahat saat Tahun Baru Imlek

"Jadi setiap tanggal 24, bulan 12 penanggalan lunar sampai sebelum Tahun Baru Imlek pengurus sama umat di setiap vihara biasanya membersihkan rupang sama altar," katanya kepada Tribuntangerang.com saat ditemui di lokasi, Pondok Cabe Udik, Pamulang, Kota Tangsel, Rabu (26/1/2022).

Frankie menuturkan kegiatan cuci rupang beserta isi vihara lainnya memiliki makna spiritual tersendiri bagi para umatnya. 

Menurutnya bagi para umat yang melakukan pencucian rupang serta material isi vihara disamakan dengan mempersiapkan diri secara spiritual pada perayaan Tahun Baru Imlek 2022 nanti. 

Kegiatan jelang imlek di vihara
Kegiatan jelang imlek di vihara (Tribun Tangerang/Rizki Amana)

"Spiritualnya kita dalam membersihkan rupang, kita merenung sambil kita membersihkan batin, hati sama pikiran kita sendiri supaya bersih," ucapnya. 

Selain pencucian rupang, sejumlah umat vihara juga turut melakukan pembersihan tempat abu bekas pembakaran dupa. 

Para umat melakukan penyaringan abu bekas pembakaran dupa para umat sehabis melangsungkan sembahyangnya selama setahun sebelum perayaan Tahun Baru Imlek. (riz) 

 

  • Berita Terkait :#Persiapan Imlek

    Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved