Tangerang Raya

Prabowo Subianto: Nilai Pengorbanan Pejuang Muda Menjadi Warisan Generasi Muda Bangsa

Prabowo Subianto menilai perjuangan dan pengorbanan para pahlawan Gugur saat muda bisa menjadi contoh generasi masa depan.

Tribun Tangerang/Gilbert Sem Sandro
Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto, saat mengunjungi Taman Makam Pahlawan (TMP) Taruna Kota Tangerang, dalam rangka upacara ziarah peringatan ke-76 Hari Bakti Taruna, Rabu (26/1/2022). 

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGERANG - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menilai perjuangan dan pengorbanan para pahlawan Gugur saat muda bisa menjadi contoh generasi masa depan.

Prabowo Subianto menyampaikan pesan tersebut saat mengunjungi Taman Makam Pahlawan (TMP) Taruna, Kota Tangerang, Rabu (26/1/2022).

TMP Taruna merupakan makam pahlawan yang mayoritas berusia muda.

Dia memberi contoh, salah satu pahlawan yang dimakamkan di TMP Taruna yakni Daan Mogot yang berusia 19 tahun saat wafat.

Saat dimakamkan, Daan Mogot sudah berpangkat mayor.

"Yang berkesan khusus di TMP Taruna ini adalah pengorbanan besar dari para pejuang dan perwira yang usianya masih muda. Seperti Daan Mogot, walaupun sudah berpangkat mayor tapi usianya masih sangat muda," ujar Prabowo Subianto di TMP Taruna, Rabu (26/1/2022).

"Selain itu, taruna-taruna yang sudah berkorban usianya juga masih muda, dan ini penting menjadi bagian dari pewarisan nilai-nilai perjuangan untuk generasi muda," katanya lagi.

Baca juga: Prabowo Subianto Ziarah Makam Pahlawan sekaligus Nyekar Makam 2 Paman di TMP Taruna

Baca juga: Meresmikan Monumen Pahlawan Covid-19 Jawa Barat, Wapres Maruf Amin Ingatkan Pandemi Belum Berakhir

Dalam kesempatan sama, Prabowo mengatakan, dia juga berziarah kedua makam pamannya, pejuang yang gugur saat masa muda

"Di Taman Makam Pahlawan ini ada dua makam paman saya. Yang satu sudah Perwira, Letnan Satu yakni Soebianto Joyo Hadikusumo dan satu lagi taruna masih muda yaitu Soejono Joyo Hadikusumo," kata dia.

Prabowo pun mengajak masyarakat untuk selalu menanamkam nilai-nilai semangat juang pahlawan, serta menghargai dan menghormati jasa pahlawan Indonesia.

Menurutnya, kemerdekaan bangsa Indonesia dapat dinikmati saat ini karena hasil jerih payah perjuangan pahlawan dan seluruh rakyat Indonesia.

"Rangkaian upacara ini memang kita lakukan setiap tahun, guna menghormati para pahlawan yang tentunya telah banyak berkorban dan berjuang untuk masyarakat Indonesia," katanya.

"Mengingat bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat itu bukanlah hadiah, melainkan perjuangan yang sangat panjang dari seluruh pejuang yang bergabung dengan rakyat Indonesia," ujarnya.

Baca juga: Hari Pahlawan 2021, Raden Aria Wangsakara Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional

Baca juga: Hari Pahlawan, Ini 24 Daftar Kereta Api Gratis untuk Guru dan Nakes,Keberangkatan hingga 30 November

Hari Bakti Taruna

Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved