Edukasi

Banyak Orang Tak Sadar Mengalami penyakit ginjal, Gejala Muncul Ketika Fungsinya Sudah Menurun Jauh

Banyak Orang Tak Sadar Mengalami penyakit ginjal, Gejala Muncul Ketika Fungsinya Sudah Menurun Jauh, Lakukan Pemeriksaan Teratur

Penulis: | Editor: Lilis Setyaningsih
pexels/kindel-media
Salah satu penyebab sakit pinggang yang perlu diwaspadai adalah penyakit ginjal 

TRIBUNTANGERANG.COM, JAKARTA – dr. Aida Lydia, PhD, SpPD-KGH, Ketua Umum Perhimpunan Nefrologi Indonesia mengatakan dari data global satu dari sepuluh orang didunia mengalami penyakit ginjal, dan rata-rata mereka tidak mengetahui kalau memiliki penyakit ginjal.

Mereka baru menyadari dirinya mengalami penyakit ginjal ketika fungsi ginjal sudah menurun jauh, sudah mendekati atau mencapai stadium akhir.

Pada Pasien Ginjal Kronik (PGK) akan mengalami banyak komplikasi salah satunya adalah anemia, hampir 80 persen pasien dialysis memiliki Hb < 10>

Hal ini menjadi tantangan bagi kita semua agar komplikasi anemia ini bisa diatasi dengan baik, paling tidak bisa mendapatkan Hb yang baik anatara 10 - 11,5 g/dL.

Baca juga: Seorang Ibu Hamil di Depok Jual Ginjal Demi Bayar Hutang Sebesar Rp 1 Miliar

Jenis Gangguan Ginjal terbagi menjadi dua yaitu gangguan ginjal akut dan penyakit ginjal kronik (PGK).

Untuk gangguan ginjal akut biasanya gangguan ginjal berlangsung mendadak (dalam jam-hari) dan fungsi ginjal dapat pulih bila segera diatasi.

Sedangkan PGK biasanya gangguan ginjal sudah berlangsung lama (lebih dari 3 bulan) dan fungsi ginjal tidak dapat pulih.

"Disini kita harus bisa mencegah jangan sampai menjadi gagal ginjal. Pada kondisi gagal ginjal, ginjal tidak lagi berfungsi dengan baik sehingga perlu diatas dengan terapi pengganti ginjal (kidney replacement therapy)," ujar dr. Aida dalam webinar dalam rangka Hari Ginjal Sedunia dengan tema 'Ginjal Sehat untuk Semua: Menjembatani Kesenjangan Pengetahuan untuk Kesehatan Ginjal yang lebih Baik', Kamis (10/3/2022).

Baca juga: Anemia Harus Segera Ditangani, dapat Sebabkan Kematian pada Pasien Cuci Darah

Dilansir dari Kidney Health Australia, beberapa gejala yang harus dilakukan pemeriksaan lanjutan untuk memastikan apakah ada gangguan ginjal atau tidak. Terutama dengan melihat warna urine.  Warna yang keruh dan berbusa, menjadi lebih sering atau jarang, nyeri saat buang air kecil, hingga adanya bercak darah. 

Sementara itu untuk menyebarkan edukasi tentang kesehatan ginjal, PT Etana Biotechnologies Indonesia (Etana) bersama Komunitas Pasien Cuci Darah Indonesia (KPCDI) menyelenggarakan edukasi kesehatan ginjal secara daring.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved