Pilpres 2024

Survei LSI: Elektabilitas Prabowo Subianto Tertinggi di Lampung, Bagaimana Ganjar dan Anies?

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan mengatakan, Prabowo Subianto menjadi kandidat capres dengan elektabilitas tertinggi yakni 26,1 persen.

Twitter@Kemhan_RI
Prabowo Subianto menjadi kandidat capres dengan elektabilitas tertinggi yakni 26,1 persen. Foto dok: Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengikuti upacara HUT ke-76 TNI di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (5/10/2021). 

TRIBUNTANGERANG.COM, JAKARTA - Hasil survei terbaru yang dirilis Lembaga Survei Indonesia (LSI)  terkait elektabilitas calon presiden (capres) 2024 di Provinsi Lampung hasilnya tidak terlampau mengejutkan.

Menurut Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan, Prabowo Subianto menjadi kandidat capres dengan elektabilitas tertinggi yakni 26,1 persen.

Sementara di urutan kedua ada nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 23,1 persen, kemudian disusul Anies Baswedan 16,6 persen.

Video: Analisa Wakil Paling Tepat untuk Prabowo di Pilpres 2024

"Hasil survei LSI tersebut menyimpulkan, dari simulasi semi terbuka (banyak nama) dan boleh menyebutkan nama lainnya, Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto paling banyak dipilih, 26,1 persen mengungguli nama-nama lainnya," kata Djayadi, dalam keterangannya, Selasa (15/3/2022).

LSI juga merilis elektabilitas partai politik (parpol) yang menjadi pilihan masyarakat Lampung bila Pileg DPR RI dan DPRD Provinsi digelar saat ini.

Pada simulasi semi terbuka 17 lambang partai dan boleh menyebutkan nama lain, di Lampung, Partai Gerindra untuk sementara menduduki posisi kedua, setelah PDI Perjuangan.

Baca juga: Prabowo Subianto Ziarah Makam Pahlawan sekaligus Nyekar Makam 2 Paman di TMP Taruna

Baca juga: Relawan Minta Prabowo Subianto-Puan Maharani Segera Diresmikan Capres & Cawapres dalam Pilpres 2024

"Di Provinsi Lampung, pada simulasi 17 lambang partai dan boleh menyebutkan nama lainnya, PDIP memperoleh 36,6 persen, disusul Gerindra 12,1 persen di urutan kedua," ucapnya.

"Selanjutnya adalah Golkar 10 persen, Demokrat 7,5 persen, PKB 5,9 persen, PKS 5,1 persen dan NasDem 4,4 persen, partai lain lebih rendah. Dan belum menjawab 13,1 persen. Hasil ini menunjukkan terjadi pergeseran peringkat elektabilitas dimana pada Pileg 2019, Golkar menjadi partai terbesar kedua di Lampung," ucap Djayadi.

Menurut Djayadi, kedisukaan dan tingkat keterpilihan partai banyak ditentukan oleh tokoh yang ada di partai tersebut.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved