Edukasi

Ada Batu Ginjal harus Segera Dihilangkan, Hancurkan dengan Tindakan PCNL

Gejala batu ginjal tersebut jika diabaikan akan sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan gagal ginjal

Tribun Tangerang/Andika Panduwinata
Dokter Spesialis Urologi RS Sari Asih Cipondoh, Kota Tangerang, dr. Aswin Usman Ariffin, SpU, menerangkan jika batu ginjal merupakan penyakit yang terbentuk akibat proses filtrasi garam dan mineral yg kurang sempurna di dalam ginjal, 

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGERANG - Nyeri pinggang dan keluhan gangguan berkemih diantara gejala yang timbul akibat penyakit batu ginjal.

Walaupun tidak semua nyeri pinggang dan gangguan berkembih pasti karena penyakit batu ginjal.

Karenanya pemeriksaan harus dilakukan untuk memastikan munculnya gejala tersebut disebabkan karena apa. 

Dokter Spesialis Urologi RS Sari Asih Cipondoh, Kota Tangerang, dr. Aswin Usman Ariffin, SpU, menerangkan bila ada batu ginjal, merupakan penyakit yang terbentuk akibat proses filtrasi (penyaringan, Red) garam dan mineral yang kurang sempurna di dalam ginjal, akibatnya terbentuk lah batu di ginjal.

Baca juga: Banyak Orang Tak Sadar Mengalami penyakit ginjal, Gejala Muncul Ketika Fungsinya Sudah Menurun Jauh

Ia menjelaskan, materi tersebut berasal dari garam dan mineral yang tidak mengalami proses filtrasi yang kurang sempurna di dalam ginjal.

Hal ini bisa diakibatkan oleh faktor genetik, pola hidup yang tidak baik. Seperti kurang minum dan banyak  makan-makanan seperti jengkol, jeroan, cumi, udang dan lain-lain, faktor pekerjaan, faktor lingkungan, dan lain-lain.

ujar Aswin dalam keterangannya kepada Tribuntangerang.com, Kamis (17/3/2022).

"Gejala batu ginjal tersebut jika diabaikan akan sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan gagal ginjal," ujar dr. Aswin dalam keterangannya kepada Tribuntangerang.com, Kamis (17/3/2022).

Ganguan tersebut dapat berakibat kerusakan dari ginjal, terbentuk sumbatan di ureter (saluran kemih yang bertugas membawa urine dari ginjal ke bagian kandung kemih untuk kemudian disalurkan ke luar) akibatnya aliran kencing terbendung, ginjal menjadi bengkak.

Jika fungsi-fungsi tersebut terganggu maka akan menyebabkan sulit buang air kecil, atau bahkan tidak terbentuk urine. Sehingga bila tidak mendapatkan penanganan yang tepat dan segera akan berakibat kepada gagal ginjal. Konsekuensinya pasien tersebut harus cuci darah.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved