Breaking News:

Capres 2024

Sejumlah Menteri Masuk Radar Capres, Elektabilitas Airlangga Masih Rendah

Sedikitnya enam menteri pada kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin berpeluang menjadi bakal capres RI 2024 dan nama-nama mereka masuk dalam survei capres.

Penulis: Ign Prayoga | Editor: Ign Prayoga
Istimewa
Ilustrasi pemilu. 

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGERANG -- Nama sejumlah anggota kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin berseliweran di bursa bakal calon presiden (capres).

Beberapa survei menempatkan nama enam menteri sebagai tokoh yang berpeluang menjadi bakal capres RI 2024.

Keenam menteri adalah Airlangga Hartarto, Prabowo Subijanto, Sandiaga Uno, Tri Rismaharini, Erick Thohir, dan Sri Mulyani Indrawati. Dua nama terakhir berasal dari kalangan profesional dan sejauh ini tidak bernaung di partai politik manapun.

Dirangkum dari Survei SMRC, Survei Indikator Politik Indonesia, Survei Litbang Kompas, Survei DTS Indonesia dan Lembaga Survei Nasional, calon presiden terpopuler masih berkutat di tiga nama Prabowo Subianto, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Baca juga: Dinda Hauw Alami Keguguran, Relakan Janin Anak Kembarnya: Selamat Jalan Adik ke Surga

Sedangkan popularitas Sandiaga Uno, Airlangga Hartarto, Tri Rismaharini, Erick Thohir, dan Sri Mulyani Indrawati terpaut sangat jauh dari tiga nama penghuni puncak hasil survei.

Sebagai gambaran, hasil survei elektabilitas capres 2024 oleh SMRC beberapa waktu lalu menyatakan, elektabilitas Tri Rismaharini hanya sekitar 1,6 persen.

Hasil survei ini menempatkan Tri Rismaharini sebagai yang paling bawah. Hasil survei yang sama tak menyebut nama Airlanga Hartarto sehingga elektabilitas Airlangga dipastikan di bawah Tri Rismaharini.

Baca juga: Idayati Adik Kandung Jokowi Cerita Awal Perkenalannya dengan Ketua MK Anwar Usman: Ada Klik

Hasil survei Litbang Kompas juga tidak menyebut nama Menko Perekonomian RI tersebut. Posisi terbawah pada hasil survei Litbang Kompas adalah Puan Maharani yakni 0,6 persen.

Survei Indikator Politik Indonesia juga memunculkan nama Airlangga, Sandiaga Uno, Tri Rismaharini, Erick Thohir dan Sri Mulyani di bursa bakal capres. Pada hasil survei ini, Airlangga menjadi menteri yang elektabilitasnya paling rendah.

Tokoh Generasi Muda Partai Golkar (GMPG), Sirajuddin Abdul Wahab mengkritik rendahnya elektabilitas Airlangga Hartarto. "Tingkat keterpilihan Airlangga tetap kecil meski telah mengeluarkan dana miliaran rupiah untuk iklan untuk meningkatkan elektabilitas," kata Sirajuddin Abdul Wahab di Jakarta, Maret 2022.

Baca juga: Kontruksi Dinilai Sudah Tak Layak, Jembatan Batuceper akan Dibongkar

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved