Berita Banten

Buka Musrenbang RKPD Wagub Andika Hazrumy Bersyukur Ekonomi Tumbuh Positif di Banten

Andika Hazrumy secara resmi membuka Musrenbang RKPD Tahun 2023 di Hotel Novotel, Tangcity Mall, Kota Tangerang, Jumat (8/4/2022).

Wartakotalive.com/Andika Panduwinata
Wagub Banten Andika Hazrumi mengaku bersyukur karena hasil pembangunan di Provinsi Banten dapat tetap tumbuh positif meski di tengah kondisi pandemi Covid-19. 

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGERANG - Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy secara resmi membuka Musrenbang atau Musyawarah Rencana Pembangunan RKPD atau Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2023 di Hotel Novotel, Tangcity Mall, Kota Tangerang.

Andika mengaku bersyukur karena hasil pembangunan di Provinsi Banten dapat tetap tumbuh positif meski di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Menurutnya pencapaian tersebut tidak terlepas dari peran Pemerintah Kabupaten/Kota yang sudah sangat membantu kerja-kerja pembangunan yang dilakukan Pemprov Banten. 

Baca juga: Andika Hazrumy Bangkitkan Gerai Produk Ekonomi Kreatif Khas Banten di Hotel Ratu

Baca juga: Presiden RI Joko Widodo Terima Tanah dan Air Banten dari Andika Hazrumy

"Terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten/Kota karena pencapaian-pencapain Pemprov Banten pada tahun 2022 sebagai landasan kita merencanakan program untuk tahun depan, tentu saja berkat kontribusi yang tidak sedikit dari Kabupaten/Kota," ujar Andika, Jumat (8/4/2022).

Lebih jauh Andika berharap kekompakan antar Pemerintah Kabupaten/Kota se-Banten bersama Pemprov Banten dapat terus terjalin.

Dirinya juga berharap koordinasi antar Pemerintah Kabupaten/Kota bersama Pemprov Banten ke depannya dapat lebih diperkuat lagi. 

Baca juga: Andika Hazrumy Klaim Kemiskian Berkurang 15.000 Orang dan Pengangguran Minus 99.000 Orang

"Tentu saja kalau bicara koordinasi, termasuk di dalamnya koordinasi kita di Banten dengan Pemerintah Pusat," ucapnya.

Diungkapkan Andika, pembangunan manusia di Banten secara konsisten terus mengalami kemajuan, yang dilihat dari peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Capaian IPM sebesar 72,72 poin atau meningkat 0,27 poin dari tahun sebelumnya, dan lebih baik dibandingkan IPM nasional yang mencapai 72.29 poin.

Peningkatan IPM Banten tahun 2021, kata Andika, terjadi pada tiga komponen, yaitu Umur Harapan Hidup (UHH) menjadi 70,02 tahun, Harapan Lama Sekolah (HLS) menjadi 13,02 tahun, Rata-Rata Lama Sekolah (RLS) menjadi 8,93 tahun, dan pengeluaran per kapita per tahun sebesar Rp 12 juta.

Baca juga: Banten Bangun RSUD di Area Perbatasan, Andika Hazrumy: Jangan Berobat Ke Sukabumi Lagi

Laju pertumbuhan ekonomi sendiri mengalami pertumbuhan positif sebesar 4,44 persen, atau pulih dari kondisi perekonomian tahun 2020 yang mengalami pertumbuhan negatif -3.38 persen. 

“Serta lebih baik dibandingkan perekonomian nasional yang hanya tumbuh 3.51 persen,” kata Andika. 

Berikutnya, Andika melanjutkan, capaian persentase penduduk miskin sebesar 6,50 persen atau menurun dibandingkan dengan capaian tahun 2020 yang mencapai 6,63 persen, dan angka tersebut masih lebih baik dari tingkat kemiskinan nasional yang mencapai 9,71 persen.

Angka kemiskinan tersebut mengalami penurunan sebesar 0,13 poin dibanding kondisi tahun sebelumnya. 

Baca juga: Andika Hazrumy Beberkan Data Jumlah Penurunan Kasus Covid-19 di Provinsi Banten, Begini Faktanya

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved