Tangerang Raya

8 Titik Drainase Jalan di Kabupaten Tangerang Mengalami Pendangkalan Bakal Diperbaiki

Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) akan melaksanakan proyek perbaikan drainase di delapan titik ruas jalan Kabupaten Tangerang.

Tribun Tangerang/Andika Panduwinata
Kepala DBMSDA Kabupaten Tangerang Iwan Firmansah Effendi mengatakan, DBMSDA Kabupaten Tangerang akan melakukan perbaikan drainase di 8 titik di Kabupaten Tangerang yang mengalami pendangkalan. 

TRIBUNTANGERANG.COM, TIGARAKSA - Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) akan melaksanakan proyek perbaikan drainase di delapan titik ruas jalan Kabupaten Tangerang.

Delapan titik tersebut yakni drainase Kutabaru, Jalan Sindang Jaya, Jalan Rajeg Rajawali, Kutajaya - Kutabumi, Gardu - Tanah Merah, Jayanti - Megu - Cisoka, dan Sukabakti - Binong - Curug. 

"Insya Allah mulai Juli 2022 setelah proses lelang selesai, pelaksanaan perbaikan drainase bisa langsung berjalan di 8 titik lokasi, yang tersebar di ruas jalan Kabupaten Tangerang," ujar Kepala DBMSDA Kabupaten Tangerang Iwan Firmansah Effendi, Jumat (13/5/2022).

Iwan menjelaskan, perbaikan itu dilakukan karena terjadi pendangkalan saluran drainase akibat sedimentasi di delapan titik tersebut.

Oleh karena itu harus dilakukan normalisasi dan pelebaran drainase sehingga air bisa mengalir lebih lancar.

Baca juga: Warga Resah Jalan Gatot Soebroto Kolong Fly Over Cibodas Kota Tangerang Langganan Banjir

Baca juga: Tak Ada Drainase di Dunia Didesain Berdasarkan Cuaca Ekstrem, Dinas SDA: Peluangnya Setahun Sekali

"Perbaikan melalui normalisasi dan pelebaran drainase dilakukan agar mengurangi genangan dan potensi banjir."

"Bahkan menjadi kebutuhan penting untuk merawat jalan agar tidak mudah rusak. Sebab, jika terlalu sering digenangi air, aspal akan mudah mengelupas," ucapnya.

Sementara itu, untuk saat ini pihaknya akan memasang rambu peringatan, penerangan di lokasi drainase dan pengaturan kecepatan lalu lintas yang bertujuan untuk meminimalisir risiko kecelakaan.

"Saya mengimbau untuk masyarakat agar selalu berhati-hati dan tetap waspada dalam beraktivitas di sekitar wilayah drainase," kata Iwan.

Menurutnya, DBMSDA Kabupaten Tangerang akan terus mengupayakan solusi terbaik dalam melakukan percepatan penanganan drainase.

"Diharapkan masyarakat dapat bersabar karena penanganan yang kami lakukan bertahap sesuai dengan kemampuan keuangan daerah," ujar Iwan Firmansah Effendi

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved