Lifestyle

Selain Nutrisi, Olahraga Teratur jadi Kunci Tetap Aktif dan Fit Saat Bertambahnya Usia

Seiring dengan bertambahnya usia, maka fungsi tubuh juga mengalami penurunan termasuk organ jantung dan pembuluh darahnya.

Penulis: | Editor: Lilis Setyaningsih
Tribun Tangerang/Andika Panduwinata
ilustrasi - lansia sedang olahraga 

TRIBUNTANGERANG.COM, JAKARTA – Seiring dengan bertambahnya usia, maka fungsi tubuh juga mengalami penurunan termasuk organ jantung dan pembuluh darahnya.

Hal itu dikemukakan Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, dr. Badai Bhatara Tiksnadi, Sp.JP(K), MM, mengatakan, dii Hari Lanjut Usia Nasional ini, Selasa (31/5/2022).

Ia  mengatakan,  penyakit jantung merupakan ancaman dunia (global threat) dan merupakan penyebab kematian nomor satu di seluruh dunia.

Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan, lebih dari 8.9 juta orang di dunia meninggal akibat penyakit jantung dan pembuluh darah.

Baca juga: Kegigihan Porter Lansia di Stasiun Pasar Senen, Berharap Rezeki dari Mereka yang Datang dan Pergi

Riskesdas di Indonesia tahun 2018 menunjukkan bahwa populasi orang di atas 65 tahun yang mempunyai sakit jantung sebesar 4.6 persen.

Kunci agar terhindar dari penyakit jantung, adalah Perilaku Hidup Sehat (CERDIK) yaitu : Cek kesehatan teratur, Enyahkan rokok, Rajin olahraga, Diet seimbang, Istirahat cukup, dan Kendalikan Stress," papar dr. Badai.

dr. Antonius Andi Kurniawan, Sp.KO, dokter Spesialis Kedokteran Olahraga juga menambahkan hal lain yang perlu diperhatikan agar tetap aktif dan fit saat bertambahnya usia adalah olahraga secara teratur.

Ia mengatakan, olahraga, jantung, dan massa otot adalah tiga hal yang saling berkaitan satu sama lain.

Baca juga: Terkena Serangan Jantung, Sopir Truk Pengangkut Beras Berhasil Menghentikan Mobil Tanpa Kecelakaan

"Olahraga merupakan salah satu kunci yang harus diutamakan juga selain nutrisi agar tetap aktif dan fit utk menjaga kualitas hidup lansia," kata dr Antonius di kesempatan yang sama.

Olahraga cukup dilakukan selama 30 menit setiap harinya, di mana kombinasi gerakannya dapat mencakup pemanasan, latihan fleksibilitas, latihan kardio atau jantung, latihan kekuatan otot dan keseimbangan.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved